Tanpa beli obat kumur, ini trik hilangkan napas bau tak sedap pakai lemon dicampur 1 jenis rempah

16 Juni 2024 11:00 WIB

Brilio.net - Bau napas yang tak sedap umumnya disebabkan oleh kebiasaan jarang menyikat gigi dan kurangnya menjaga kebersihan mulut. Selain menurunkan kepercayaan diri, masalah mulut ini juga dapat mengganggu kenyamanan penderitanya dan orang lain.

Dilansir dari Healthline, napas yang berbau tak sedap biasanya disebabkan oleh bakteri yang tumbuh karena sisa makanan tersangkut di gigi. Sisa makanan tersebut selanjutnya akan melepaskan senyawa belerang yang menyebabkan mulut jadi berbau busuk.

Jika terus dibiarkan dan tak segera dibersihkan, bakteri penyebab bau mulut tersebut akan berkembang biak semakin banyak. Nah, perkembangan bakteri tersebut akan bercampur dengan air liur, hingga membentuk plak dan mengeras menjadi karang gigi.

Selain karena sisa makanan, bau mulut bisa dipengaruhi oleh faktor lain seperti merokok, makan makanan beraroma kuat, penyakit pencernaan, hingga kondisi medis yang serius.

Untuk mengatasi kondisi ini, banyak orang memanfaatkan obat kumur sebagai cara membuat napas jadi lebih segar dan bebas bau. Padahal cara ini kurang efektif, karena hanya menyamarkan bau tanpa menghilangkan bakteri yang berkembang di dalam mulut.

foto: TikTok/@toprecipes.1

Solusi lainnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @toprecipes.1, yang menggunakan lemon dicampur dengan 1 jenis rempah. Rempah yang dimaksud adalah bubuk kayu manis. Begini cara membuat dan menggunakannya, seperti yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @toprecipes.1, Minggu (16/6).

Bahan:

foto: TikTok/@toprecipes.1

- 1 gelas air hangat
- 1/2 buah perasan lemon
- 1 sendok teh bubuk kayu manis

Cara membuat dan menggunakan:

foto: TikTok/@toprecipes.1

1. Peras jeruk lemon pada gelas yang berisi air hangat.
2. Tambahkan bubuk kayu manis lalu aduk sampai tercampur merata.
3. Gunakan untuk berkumur setelah selesai menyikat gigi.
4. Lakukan berulang hingga air dalam gelas habis.
5. Bilas menggunakan air biasa setelahnya.
6. Lakukan cara ini dengan rutin setiap hari untuk mendapatkan napas yang bebas bau tak sedap.

Kandungan lemon untuk menghilangkan bau napas yang tak sedap.

Kandungan antibakteri alami dalam lemon berkhasiat membasmi bakteri penyebab bau mulut yang berkembang biak. Tak hanya itu saja, pH yang cenderung asam pada buah sitrus ini juga mampu menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Bahkan jika digunakan secara rutin, lemon akan membuat mulut lebih segar, bebas bau napas tak sedap, dan putih secara alami. Berkat kandungan itu, lemon juga dapat menghambat atau mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi kuning dan bau mulut mengganggu.

foto: Freepik.com

Manfaat bubuk kayu manis untuk menyegarkan bau mulut.

Bubuk kayu manis merupakan salah satu rempah yang diklaim mampu mencegah pembentukan plak gigi, karang gigi, obat sariawan, dan mencegah bau napas yang tidak sedap. Kayu manis memiliki beberapa kandungan, di antaranya adalah tannin, eugenol, dan kumarin. Berkat kandungan tersebut, rempah ini bermanfaat bagi kesehatan mulut dan gigi.

(brl/psa)