Tanpa beli peel off mask mahal, campuran putih telur dan 2 bahan dapur ini bisa pudarkan flek hitam

20 September 2024 10:30 WIB

Brilio.net - Flek hitam di wajah atau yang sering disebut sebagai hiperpigmentasi, merupakan masalah kulit yang umum dihadapi oleh banyak orang. Meskipun tidak bersifat medis dan tidak membahayakan kesehatan, keberadaan flek hitam dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Penyebab munculnya flek hitam beragam, mulai dari paparan sinar matahari hingga perubahan hormonal.

Kondisi ini terjadi akibat peningkatan produksi melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit. Paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari adalah salah satu penyebab utama, di mana sinar UV merangsang sel-sel melanosit untuk memproduksi melanin lebih banyak sebagai respons perlindungan.

Selain sinar matahari, faktor lain yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi meliputi penuaan, perubahan hormonal, dan peradangan akibat jerawat atau iritasi kulit. Dapat membuat warna kulit wajah tidak merata, maka banyak orang mencari cara untuk mengatasi kondisi ini. Mulai dari menggunakan produk skincare khusus, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

foto: TikTok/@velia.cola

Seperti yang dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @velia.cola, yang memakai campuran putih telur dan 2 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah bubuk kunyit dan bubuk kopi. Tak hanya itu, ia juga memanfaatkan tisu untuk membuat masker peel off menggunakan bahan-bahan tersebut. Yuk, simak cara membuatnya berikut ini, yang briliobeauty.net lansir pada Jumat (20/9).

Bahan:

- 1 butir putih telur
- 1 sendok teh bubuk kunyit
- 1 sendok makan bubuk kopi
- Tisu secukupnya

foto: TikTok/@velia.cola

Cara membuat dan menggunakan:

1. Pecahkan telur dan ambil bagian putihnya saja
2. Tuangkan putih telur pada wadah, lalu tambahkan bubuk kunyit dan bubuk kopi
3. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata
4. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
5. Tempelkan tisu pada wajah, lalu timpa kembali menggunakan masker
6. Lakukan secara berulang hingga 3 lapis tisu
7. Diamkan selama 10-15 menit
8. Kupas perlahan seperti saat menggunakan masker peel off pada umumnya
9. Bilas menggunakan air sampai bersih
20. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang kencang dan mulus bebas flek hitam

foto: TikTok/@velia.cola

Kandungan putih telur untuk memudarkan flek hitam di wajah.

Putih telur dapat memudarkan flek hitam di wajah karena kaya akan protein dan nutrisi yang mendukung regenerasi sel kulit. Kandungan astringent dalam putih telur berfungsi mengecilkan pori-pori dan mengontrol produksi minyak, sehingga mengurangi penampilan bintik hitam. Selain itu, vitamin dan mineral yang terdapat dalam putih telur juga membantu memperbaiki kerusakan kulit dan meningkatkan elastisitasnya, serta memberikan efek pencerahan yang lebih merata.

Manfaat bubuk kunyit guna mengatasi flek hitam membandel di wajah.

Bubuk kunyit dapat memudarkan flek hitam di wajah berkat kandungan curcumin, senyawa aktif yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Curcumin membantu mengurangi produksi melanin, pigmen yang bertanggung jawab atas warna gelap pada kulit, sehingga dapat mencerahkan area yang terkena hiperpigmentasi. Selain itu, kunyit juga memiliki kemampuan untuk memperbaiki kerusakan kulit dan meningkatkan regenerasi sel, menjadikannya efektif dalam meratakan warna kulit.

Bubuk kopi ampuh menghilangkan flek hitam di wajah.

Bubuk kopi dapat memudarkan flek hitam di wajah berkat kandungan antioksidan dan sifat antiinflamasi yang dimilikinya. Kafein dalam kopi dapat meningkatkan sirkulasi darah, membantu mempercepat proses regenerasi sel kulit, dan mengurangi penampilan bintik hitam. Selain itu, kopi juga memiliki sifat eksfoliasi yang lembut, yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru, sehingga memberikan tampilan kulit yang lebih cerah merata.

(brl/jad)