Tanpa beli produk mahal, cewek ini unggah cara bikin obat kumur atasi mulut bau pakai 2 rempah dapur

20 / 06 / 2024 12:10 WIB

Brilio.net - Meski sudah berpenampilan menarik, memiliki bau mulut yang tak sedap bisa bikin kepercayaan diri menurun. Salah satu masalah mulut ini dikenal dengan istilah halitosis. Masalah ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan jarang menyikat gigi dan kurangnya menjaga kebersihan mulut.

Dilansir dari Healthline, bau mulut yang tak sedap disebabkan oleh bakteri yang tumbuh karena sisa makanan yang tersangkut di gigi. Nah, sisa makanan ini akan menjadi plak dan karang gigi yang sulit dihilangkan. Sisa makanan tersebut kemudian melepaskan senyawa belerang berbau busuk.

Jika terus dibiarkan, bakteri penyebab bau mulut akan berkembang biak semakin banyak. Nggak cuma itu, bakteri yang terus berkembang tersebut juga bisa membuat gusi mudah mengalami infeksi dan menyebabkan sakit gigi serta radang gusi. Kondisi ini biasanya akan membuat gigi mudah berdarah dan terasa nyeri.

Oleh karena itu, rutin membersihkan gigi adalah hal penting guna menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Meski begitu, ternyata bau mulut yang tak sedap juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kebiasaan merokok, makan makanan beraroma kuat, hingga penyakit pencernaan.

Nah, jika kamu salah satu orang yang mengalami kondisi ini, tak perlu khawatir. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan obat kumur. Tak perlu beli produk mahal, karena kamu bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan dapur yang lebih ekonomis lho. Seperti unggahan yang dibagikan oleh seorang cewek dengan akun TikTok @megalaiiyarkailegacy.

foto: TikTok/@megalaiiyarkailegacy

Melalui unggahannya tersebut, ia membuat obat kumur alami dengan 2 jenis rempah. Yaitu kayu manis dan cengkeh. Begini cara membuat dan menggunakannya, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @megalaiiyarkailegacy, Kamis (20/6).

Bahan:

- 3 batang kayu manis
- 1 sendok makan cengkeh
- 1 cup air panas

foto: TikTok/@megalaiiyarkailegacy

Cara membuat dan menggunakan:

1. Masukkan kayu manis dan cengkeh pada wadah kaca
2. Tambahkan air panas lalu tutup wadah dan diamkan selama semalaman
3. Setelah semalaman dan air berubah jadi kehitaman, saring dan ambil airnya saja
4. Pindahkan kedalam botol spray untuk mempermudah penggunaan
5. Gunakan setiap hari setelah menyikat gigi untuk berkumur-kumur
6. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan napas yang lebih segar dan bebas bau.

foto: TikTok/@megalaiiyarkailegacy

Kandungan kayu manis untuk mengatasi bau mulut.

Kayu manis diklaim mampu mencegah pembentukan plak gigi, karang gigi, obat sariawan, dan mencegah bau napas yang tidak sedap. Pasalnya rempah ini memiliki beberapa kandungan, di antaranya adalah tannin, eugenol, dan kumarin. Berkat kandungan tersebut, kayu manis dapat menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Manfaat cengkeh untuk menyegarkan mulut.

Cengkeh telah dijadikan sebagai bumbu rempah sekaligus obat herbal. Sifat antifungal, antiseptik dan antibakteri di dalamnya bermanfaat untuk mengurangi bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan juga bau mulut. Aromanya yang segar juga dapat membuat mulut terbebas dari bau yang tak sedap.