Tanpa beli produk mahal, wanita ini bagikan cara bikin eye mask atasi kantung mata pakai 1 jenis buah

14 / 05 / 2024 21:10 WIB

Brilio.net - Selain mata panda atau dark circle, ada masalah lain yang juga berkaitan dengan area penglihatan manusia itu. Sebut saja kantung mata. Kondisi ini ditandai dengan munculnya kantung yang berada di area bawah mata, sehingga kulit tampak seperti mengendur.

Meski tidak menimbulkan rasa sakit, namun kantung mata dapat mengganggu penampilan. Bukan tanpa alasan, kondisi ini dapat membuat wajah terlihat kurang fresh dan lebih tua dari usia yang sebenarnya. Wajah juga jadi tampak pucat dan sembab. Masalah di area mata ini terjadi karena adanya penumpukan cairan yang diakibatkan melemahnya jaringan di sekitar mata, termasuk otot penopang kelopak mata.

Penyebab paling umum munculnya kantung mata adalah efek insomnia atau kurang tidur. Pasalnya, karena kurang tidur, pembuluh darah di bawah kulit tipis mata akan melebar dan menciptakan warna gelap. Pembuluh darah yang melebar inilah yang akan menyebabkan penumpukan cairan di sekitar mata, sehingga terbentuk kantung mata.

Meski begitu, ternyata faktor terbesar penyebab munculnya kantung mata adalah penuaan. Seiring bertambahnya usia, otot dan struktur jaringan di sekitar mata akan melemah. Tak heran jika seiring bertambahnya usia, kantung mata seseorang akan semakin tebal.

Jika kamu salah satu orang yang mengalami kondisi ini, tak perlu khawatir. Karena kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan eye mask. Tak perlu beli produk mahal, karena kamu bisa membuat eye mask sendiri hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti unggahan yang dibagikan seorang wanita melalui akun TikTok @metdaantips000. Ia hanya menggunakan mentimun untuk mengatasi kantung mata lho.

foto: TikTok/@metdaantips000

Kandungan dan manfaat mentimun untuk menutrisi kulit dan mengatasi kantung mata.

Buah yang biasa dijadikan lalapan ini memang memiliki berbagai manfaat untuk kulit. Di antaranya adalah mengatasi dark circle atau mata panda serta mengempiskan tampilan kantung mata. Ini berkat kandungan antioksidan dan silika yang melimpah dalam mentimun, yang akan mengencangkan kulit area mata dan menyamarkan kantung mata secara perlahan.

Selain itu, mentimun bahkan dapat menenangkan dan melancarkan pembuluh darah di sekitar mata, sehingga akan tampak lebih fresh dan bebas kantung mata. Mentimun juga mampu menghambat enzim yang terlibat dalam produksi melanin sehingga berpotensi mencerahkan kulit di area mata.

Hanya mengandalkan mentimun, kamu bisa membuat eye mask yang dipercaya efektif untuk mengatasi kantung mata. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @metdaantips000, Selasa (14/5).

foto: TikTok/@metdaantips000

Bahan:

- 1 buah mentimun segar
- Cotton pads atau kapas kecantikan

Cara membuat dan menggunakan:

1. Cuci mentimun sampai bersih.
2. Parut mentimun lalu letakkan pada wadah bersih.
3. Potong cotton pads atau kapas kecantikan sesuai bentuk yang diinginkan.
4. Rendam ke dalam hasil parutan mentimun hingga benar-benar basah oleh air mentimun.
5. Angkat lalu masukkan ke dalam wadah tertutup.
6. Dinginkan di kulkas selama minimal 1 jam.

foto: TikTok/@metdaantips000

7. Cuci wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan eye mask.
8. Keringkan wajah.
9. Tempelkan eye mask pada area yang terdapat kantung mata.
10. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas saat pagi harinya.
11. Lakukan cara ini dengan rutin setiap hari sebelum tidur untuk mendapatkan wajah yang segar bebas kantung mata.