Tanpa beli scrub mahal, kombinasi body wash dan 2 bahan alami ini bikin kulit bebas kusam dan belang

12 / 06 / 2024 10:10 WIB

Brilio.net - Kulit kusam dan belang menjadi masalah umum yang dialami oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Beberapa penyebab dari masalah kulit ini adalah paparan sinar matahari yang berlebih, polusi, gaya hidup, penumpukan sel kulit mati, efek hormonal, penggunaan pil KB, dan masalah kesehatan lainnya.

Jika semakin lama terpapar sinar matahari secara langsung, maka kulit akan memproduksi melanin secara berlebih. Jadi, kulit akan terus menggelap dan tampak kusam hingga belang. Apalagi pada bagian tubuh yang terbuka, seperti tangan, wajah, dan kaki.

Kulit yang kusam dan belang seringkali dianggap mengganggu penampilan, apalagi saat harus mengenakan pakaian yang memperlihatkan area kulit yang belang. Karena alasan itu, banyak orang mencari cara untuk memutihkan kulit badannya yang kusam dan belang. Nah, salah satu cara yang biasa dilakukan adalah merawat kulit menggunakan body scrub.

Penggunaan body scrub memang efektif untuk mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam dan belang. Tak heran jika saat ini banyak produk body scrub yang dijual di pasaran dengan berbagai kandungan dan klaim. Namun sayangnya, body scrub di pasaran kerap kali memiliki butiran yang kasar sehingga dapat mengiritasi kulit.

foto: TikTok/@diyhacks0.official

Solusi lainnya, kamu bisa membuat body scrub sendiri dengan mengombinasikan body wash bersama 2 bahan alami. Bahan alami yang dimaksud adalah tepung beras dan air mawar, seperti diunggahn pengguna TikTok dengan nama akun @diyhacks0.official.

Berikut cara membuat dan menggunakannya, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @diyhacks0.official, Selasa (11/6).

Bahan:

- 1-2 sendok makan tepung beras
- Body wash secukupnya
- Air mawar secukupnya

foto: TikTok/@diyhacks0.official

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah.
2. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta.
3. Gosokkan pada bagian kulit yang kusam atau belang secara menyeluruh.
4. Gosok-gosok secara lembut selama 2-3 menit.
5. Bilas menggunakan air sampai bersih.
6. Lakukan cara ini dengan rutin 2 hari sekali atau setiap hari untuk mendapatkan kulit yang cerah merata bebas kusam dan belang.

foto: TikTok/@diyhacks0.official

Kandungan tepung beras untuk mencerahkan kulit kusam.

Tepung beras menjadi bahan alami yang dipercaya efektif untuk membuat kulit lebih lembap dan cerah. Tepung beras juga mampu mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam dan belang. Ini berkat kandungan vitamin dan senyawa antioksidan di dalamnya.

Kandungan asam amino dan vitamin yang terkandung di dalam tepung beras akan bekerja memutihkan dan meratakan warna kulit secara lembut. Bahkan enzim tirosinase pada tepung beras juga dapat mencegah produksi melanin yang berlebihan di kulit.

Manfaat air mawar untuk meratakan warna kulit.

Beberapa manfaat air mawar untuk kulit di antaranya adalah mengatasi kulit kusam dan flek hitam. Sebab dalam air mawar terdapat kandungan vitamin A dan E yang efektif merawat sekaligus mengatasi berbagai permasalahan kulit. Kandungan tersebut juga dapat bertindak sebagai eksfoliator kulit secara alami. Kandungan antioksidan pada air mawar juga efektif memperkuat skin barrier dan meregenerasi kulit sehingga tampak lebih cerah merata.