Tanpa beli scrub mahal, TikToker ini bagikan cara rapatkan pori-pori besar pakai 2 bahan alami

20 / 05 / 2024 17:45 WIB

Brilio.net - Tampilan pori-pori besar di wajah memang cukup mengganggu penampilan. Sebetulnya pori-pori adalah komponen penting yang berperan sebagai tempat keluarnya sebum atau minyak alami kulit. Minyak alami inilah yang akan menjaga kulit tetap lembap dan kenyal.

Meski memiliki fungsi penting, terkadang pori-pori wajah juga bisa tersumbat oleh kotoran. Beberapa kotoran yang menyumbat pori-pori di antaranya adalah sel kulit mati, debu, polusi, sisa makeup, hingga radikal bebas lainnya. Kotoran tersebut akan bercampur dengan sebum dan menyumbat pori-pori. Hal inilah yang menjadi penyebab pori-pori jadi tampak besar dari ukuran yang semestinya.

Kotoran yang menyumbat pori-pori jika terus dibiarkan akan berubah jadi komedo. Komedo akan membuat wajah tampak kusam, bertekstur, dan bisa menjadi pemicu munculnya jerawat meradang. Jerawat meradang ini muncul jika kotoran penyumbat pori-pori bercampur dengan bakteri.

Oleh karena itu, perlu melakukan perawatan wajah sebagai upaya merapatkan pori-pori besar sekaligus mencegah munculnya komedo maupun masalah kulit wajah yang lain. Banyak orang yang menggunakan face scrub mahal untuk mengeksfoliasi wajah, yang berfungsi mengangkat kotoran penyumbat pori-pori. Padahal ada bahan-bahan alami yang lebih ekonomis dan tak kalah efektif dari scrub mahal, lho.

Seperti yang dibagikan oleh salah satu TikToker melalui akun pribadinya @self.care.differently. Dalam video tersebut, ia hanya memakai dua bahan alami yang ada di dapur, yaitu kuning telur dan bubuk kopi.

foto: TikTok/@self.care.differently

Manfaat kuning telur untuk merapatkan ukuran pori-pori wajah.

Mengutip Journal of Dermatology Practical & Conceptual, kuning telur kaya akan vitamin yang dapat membuat kulit dan rambut lebih tahan terhadap kerusakan akibat radikal bebas. Tak heran jika kuning telur bisa menjadi salah satu bahan untuk mengatasi komedo dan merapatkan ukuran pori-pori wajah. Nah, protein alami ini dipercaya mampu mengontrol produksi minyak berlebih pada area wajah serta mengangkat kotoran yang menjadi penyebab munculnya komedo.

Kandungan bubuk kopi untuk membersihkan pori-pori wajah penyebab ukurannya membesar.

Nah, sementara kopi dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi pori-pori kotor dan ukurannya yang membesar. Ini berkat kandungan kafein dan antioksidan yang dapat bekerja mencegah penurunan kadar kolagen dan membantu mengencangkan kulit (termasuk pori-pori). Tak hanya itu, kandungan antioksidan dalam kopi juga dipercaya mampu mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori dan membuat wajah jadi bebas komedo.

Dua bahan alami tersebut bisa kamu jadikan masker wajah yang dipercaya mampu membersihkan kotoran penyumbat pori-pori. Tak hanya itu saja, masker ini juga ampuh merapatkan pori-pori secara alami.

Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @self.care.differently, Senin (20/5).

foto: TikTok/@self.care.differently

Bahan:

- 1 butir kuning telur
- 1 sendok makan bubuk kopi

Cara membuat dan menggunakan:

1. Pecahkan telur dan ambil bagian kuningnya saja
2. Tambahkan bubuk kopi lalu aduk keduanya sampai tercampur merata
3. Cuci wajah terlebih dahulu sampai bersih dari kotoran serta sisa makeup
4. Keringkan wajah lalu aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
5. Biarkan sampai kering atau sekitar 15 menit
6. Bilas menggunakan air hangat sampai bersih
7. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
8. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang mulus dan tampilan pori-pori lebih tersamarkan.

foto: TikTok/@self.care.differently