Tanpa campurkan baking soda, beauty vlogger ini bagikan cara hilangkan karang gigi pakai 1 bumbu dapur

04 / 06 / 2024 10:10 WIB

Brilio.net - Karang gigi merupakan salah satu masalah mulut yang membuat gigi terlihat tidak enak dilihat. Hal ini dikarenakan permukaan gigi terlihat menguning dan meninggalkan kerak berwarna kecokelatan. Tak cuma berkaitan dengan penampilan, karang gigi juga mengundang sejumlah penyakit mulut seperti nafas yang bau dan sakit gigi.

Nah, penyebab dari adanya karang gigi datang dari berbagai sumber, salah satunya penumpukan sisa makanan. Sisa makanan yang menumpuk dan jarang dibersihkan tersebut lah yang kemudian berubah jadi karang gigi. Tak cuma itu, konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kadar gula tinggi juga bisa memicu karang gigi, lho.

Pasalnya, makanan dan minuman tinggi gula punya sukrosa yang menjadi sumber makanan bagi bakteri di dalam mulut. Nah, bakteri tersebut jika tak dibersihkan berkembang biak dan lama kelamaan menumpuk di dalam mulut. Faktor berikutnya yang menyebabkan karang gigi adalah produksi air liur.

Air liur merupakan cairan pada rongga mulut yang mengandung enzim untuk berguna mencerna makanan. Selain itu, air liur juga berfungsi membersihkan sisa-sisa makanan dan minuman yang menempel pada gigi. Walaupun air liur banyak manfaat, terjadinya penurunan produksi air liur bisa menyebabkan sisa makanan tetap menempel pada gigi, sehingga bisa memicu terbentuknya karang gigi.

Lantaran memberikan rasa yang kurang nyaman, karang gigi ini harus dihilangkan untuk menjaga kesehatan mulut. Selain melakukan perawatan rutin ke dokter gigi, karang gigi menguning bisa dihilangkan dengan perawatan alami. Seperti yang dilakukan beauty vlogger dengan akun YouTube Kochenrezepte yang membagikan cara menghilangkan karang gigi dengan memanfaatkan teh hijau, bawang putih, bubuk kunyit, dan lemon, tanpa campuran baking soda.

Teh hijau yang biasa digunakan untuk bahan air minuman, ternyata bisa dimanfaatkan untuk hilangkan karang gigi. Melansir dari drboudaie.com, teh hijau punya kandungan berupa antioksidan untuk meningkatkan kesehatan mulut. Teh hijau juga mengandung katekin yang memiliki efek anti inflamasi dan antibakteri.

Dengan meminum teh hijau tanpa pemanis atau digunakan sebagai obat kumur bisa membantu menghilangkan bakteri penyebab plak. Sedangkan, bawang putih ternyata mengandung allicin. Dalam kandungan tersebut ditemukan sifat antibakteri dan antimikroba yang diklaim bisa membunuh bakteri pemicu karang gigi.

Tak banyak yang tahu kalau kunyit punya kemampuan seperti baking soda untuk memutihkan gigi. Dilansir dari healthline, kunyit punya kandungan berupa kurkumin yang bisa menghilangkan plak, bakteri, dan peradangan. Berdasarkan sebuah penelitian pada 2013 lalu, kunyit punya manfaat untuk membersihkan mulut.

Hasil penelitian tersebut menyebutkan kunyit bisa meredakan sakit gigi dan digunakan sebagai pengobatan periodontitis. Lantas bagaimana cara membuat ramuan dari bahan-bahan di atas? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @Kochenrezepte, Selasa (4/6).

Bahan:

foto: YouTube/Kochenrezepte

- 2 sendok makan teh hijau
- 1 siung bawang putih
- 1/4 sendok teh bubuk kunyit
- 1/2 perasan lemon
- 1 sendok makan pasta gigi.

Cara membuat:

foto: YouTube/Kochenrezepte

1. Haluskan teh hijau
2. Tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan
3. Taburkan bubuk kunyit
4. Beri perasan air lemon
5. Tambahkan pasta gigi
6. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
7. Ramuan pasta gigi sudah siap kamu gunakan.

Cara menggunakan:

foto: YouTube/Kochenrezepte

1. Ambil sikat yang biasa kamu gunakan
2. Ambil ramuan pasta gigi secukupnya
3. Gunakan untuk menyikat gigi selama beberapa menit
4. Kumur-kumur dengan air biasa
5. Gunakan pasta gigi ini secara rutin agar karang gigi hilang.

Kebiasaan sederhana yang bisa cegah karang gigi

Kesehatan mulut memang menjadi hal yang perlu kamu jaga setiap waktu. Hal ini dilakukan agar terhindar dari masalah mulut, seperti karang gigi, bau mulut, dan gigi kuning. Nah, ada beberapa kebiasan yang bisa kamu terapkan untuk cegah karang gigi muncul, sebagai berikut:

1. Sikat gigi teratur
2. Gunakan pasta gigi berkandungan fluoride
3. Gunakan obat kumur.