Tanpa cengkeh dan putih telur, ini cara cegah munculnya kerutan pada wajah pakai 1 jenis kulit buah

29 September 2023 09:20 WIB

Brilio.net - Munculnya kerutan halus atau bahkan keriput di wajah merupakan hal yang wajar. Walaupun begitu, bisa dibilang tak ada satu orang yang senang ketika hal ini terjadi padanya. Bahkan, sebagian orang rela melakukan berbagai cara untuk mencegah munculnya keriput wajah agar tetap awet muda.

Kerutan pada wajah selalu dikaitkan dengan orang yang sudah tua, padahal kerutan bisa saja muncul di waktu yang lebih cepat, yaitu saat masih di usia muda. Hal ini dapat terjadi bila kulit wajah tidak dirawat dengan benar. Sementara itu, gen juga diketahui berperan besar terhadap munculnya kerutan, sehingga beberapa orang lebih rentan memiliki garis-garis halus tersebut daripada yang lain.

Meskipun tidak bisa dihindari sepenuhnya, namun setidaknya kamu bisa mencegah munculnya kerutan lebih cepat pada wajah. Tidak perlu ramuan ajaib atau produk yang mahal untuk mendapatkan wajah awet muda yang diidamkan. Karena kamu hanya perlu memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitarmu.



Tanpa cengkeh dan putih telur, karena pemilik akun TikTok @sjsthompson12 pada 6 Agustus 2023, hanya menggunakan 1 jenis kulit buah. Kulit buah yang dimaksud adalah kulit buah pisang.

"Banana botox for under eye circles and smoothing wrinkles (Botoks pisang untuk lingkaran bawah mata dan menghaluskan kerutan)," katanya dalam keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @sjsthompson12, Kamis (28/9).

foto: freepik.com

Pisang adalah salah satu buah yang memiliki manfaat luar biasa. Pisang memiliki nutrisi yang bagus terutama untuk kecantikan. Saat mengonsumsi buah pisang, kebanyakan orang membuang kulitnya. Padahal kulit pisang mengandung banyak zat aktif. Kulit pisang dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit, kesehatan rambut, pemutih gigi, dan juga bisa digunakan sebagai pupuk alami.

Dilansir dari Healthline, menurut penelitian tahun 2018, kulit pisang kaya akan fenolat, yang memiliki sifat antimikroba dan antioksidan yang kuat dan dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan dan kecantikan kulit.

Pasalnya kulit pisang mengandung vitamin B6 dan B12 yang dapat membantu mengurangi kerutan dan mencegah penuaan dini pada kulit. Kulit pisang juga mengandung potasium yang dapat menghidrasi kulit dengan baik sehingga penggunaannya sebagai facial wajah bisa membuat kulit lebih lembap.

foto: TikTok/@sjsthompson12

Hanya dengan kulit pisang saja kamu bisa mencegah munculnya kerutan lebih cepat pada wajah. Bahkan, bahan yang kerap dianggap sampah ini juga bisa membantu merangsang pembentukan kolagen pada kulit agar tampak lebih kencang dan awet muda. Bahkan kulit pisang juga mampu mencerahkan dark circle atau mata panda. Berikut cara penggunaannya.

Bahan:

1. Kulit pisang secukupnya

foto: TikTok/@sjsthompson12

Cara membuat:

1. Siapkan kulit buah pisang yang masih segar
2. Pastikan wajahmu bersih terlebih dahulu (cuci wajah dengan menggunakan facial wash)
3. Gosokkan bagian dalam kulit pisang pada wajah dan leher secara menyeluruh selama 5 menit
4. Kamu juga bisa memasukkan kulit pisang kedalam kulkas terlebih dahulu sampai dingin
5. Gosokkan juga pada area bawah mata secara lembut selama 2-3 menit
6. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas menggunakan air sampai bersih
7. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
8. Lakukan metode ini secara rutin 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan wajah yang kencang dan awet muda.

(brl/far)