Tanpa daun neem, ini trik redam rasa sakit dan kempeskan jerawat meradang pakai 1 jenis teh

21 September 2023 20:10 WIB

Brilio.net - Jerawat adalah masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang, terutama di masa remaja. Jerawat sendiri terbentuk ketika terjadinya penyumbatan pori-pori oleh minyak, sel kulit mati, dan kotoran seperti debu dan polusi. Dalam prosesnya, penyumbatan ini akan memicu terjadinya pembengkakan pada kulit pasca bereaksi dengan bakteri di dalamnya dan memunculkan jerawat itu sendiri.

Masalah jerawat pun juga sering disertai dengan adanya rasa sakit intens, terutama bagi tipe jerawat mendalam seperti pustula, nodul, dan kista. Hal ini dikarenakan kulit akan merespon adanya jerawat sebagai "benda asing" dengan mengeluarkan zat-zat kimia seperti prostaglandin dan leukotrien yang menyebabkan terjadinya peradangan pada kulit dan merusak lapisan pelindung kulit yang mengelilingi pori-pori. Kerusakan jaringan kulit ini kemudian dapat meluas sehingga menyebabkan terbentuknya radang serta luka yang mendalam.

Eits, jikalau kamu menghadapi masalah yang menyusahkan ini, kamu nggak perlu bingung juga kok. Pasalnya, kamu bisa memanfaatkan banyak bahan alami di luar sana yang memiliki khasiat ampuh dalam mengatasi peradangan akibat jerawat. Salah satunya caranya cukup dengan menggunakan bungkus teh chamomile, sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Kamis (21/9) dari @bondenavant di Instagram.

foto: freepik.com



Teh chamomile adalah minuman herbal yang terbuat dari bunga tanaman chamomile (Matricaria chamomilla/Chamaemelum nobile). Teh dari bunga ini kaya akan kandungan berkhasiat seperti bisabolol, azulene, dan flavonoid. Bisabolol dan azulene memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat yang tidak hanya dapat mengurangi kemerahan dan bengkak meradang, namun juga mencegah pertumbuhan bakteri jerawat. Sementara itu, senyawa flavonoid dalam teh chamomile memiliki efek antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan sekaligus membantu proses perbaikan lapisan pelindung kulit agar tak rentan terkena potensi jerawat.

Nah, untuk memanfaatkan teh chamomile ini, kamu tinggal mengikuti beberapa langkah pendek di bawah ini saja kok.

Alat dan bahan:

1. 1 Bungkus kantong teh chamomile
2. Air panas secukupnya
3. Kulkas/freezer

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@bondenavant

1. Seduhlah 1 kantong teh chamomile terlebih dahulu dalam sedikit air panas.
2. Setelahnya, pisahkan dan peras sedikit saja kantong teh chamomile tersebut.
3. Masukkan bungkus teh chamomile tersebut ke dalam freezer, lalu diamkan hingga dingin dan sedikit beku (10-15 menit).
4. Setelah cukup dingin, keluarkan dan tempelkan bungkus teh chamomile tersebut ke area wajah yang radang dan berjerawat.
5. Lakukan sembari sedikit ditekan dan dipijat ke jerawat meradang tersebut selama beberapa saat.
6. Bila dirasa cukup, buanglah teh chamomile itu dan lanjutkan dengan pemakaian skincare lainnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Amy Chang (@bondenavant)

(brl/far)