Tanpa daun sirih, cara hilangkan bau mulut tak sedap ala rekomendasi dokter ini pakai 1 bahan dapur

12 / 05 / 2024 21:01 WIB

Brilio.net - Sering dianggap sepele, bau mulut tidak bisa dibiarkan begitu saja. Pasalnya, bau mulut yang tersebar hingga tercium lawan bicara bisa mengganggu kenyamanan orang lain. Lawan bicara bisa saja meninggalkan kamu saat sedang asyik berbincang.

Ada beberapa faktor yang bisa memicu terciptanya bau mulut, salah satunya adalah mengonsumsi makanan dengan aroma menyengat seperti bawang merah, bawan putih, dan kopi. Buka tanpa sebab, makanan dan minuman tersebut dipercaya bisa meningkatkan risiko terjadinya bau mulut tak sedap.

Terjadinya bau mulut dikarenakan makanan dan minuman yang tersisa di dalam mulut memicu pertumbuhan bakteri. Bakteri ini merombak sisa-sisa makanan dan menghasilkan senyawa-senyawa sulfur, sehingga menyebabkan bau tak sedap. Selain disebabkan dari makanan dan minuman, kebiasan merokok juga bikin bau mulut.

Merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya dapat menyebabkan bau mulut karena zat-zat kimia yang terkandung di dalamnya. Agar bau mulut tak sedap ini hilang dan kembali segar, langkah awal yang harus kamu lakukan adalah menjaga kebersihan mulut dengan rutin menyikat gigi ataupun berkumur.

Selain berkumur menggunakan obat kumur yang di jual di pasaran, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami, seperti yang disarankan Dokter Saddam Ismail. Lewat kanal YouTube-nya, dokter ini membagikan video yang berisi tips berkumur agar terhindar dari bau mulut dengan menggunakan baking soda.

foto: freepik.com

Baking soda atau natrium bikarbonat, sering digunakan sebagai bahan alami untuk membantu mengatasi bau mulut yang tidak sedap. Baking soda memiliki sifat alkalis yang dapat membantu menetralkan asam dalam mulut yang dapat menyebabkan bau mulut. Dilansir dari healthline.com, baking soda memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengurangi jumlah bakteri dalam mulut.

Bakteri yang berlebihan di dalam mulut adalah salah satu penyebab utama bau mulut yang tidak sedap, dan baking soda dapat membantu mengurangi populasi bakteri. Sementara itu sifat abrasif dalam baking soda dapat membantu menghilangkan plak dan partikel makanan yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Dengan membersihkan gigi dan gusi secara menyeluruh, baking soda membantu mencegah terjadinya bau mulut. Karena kemampuannya untuk menetralkan asam, mengurangi bakteri, dan membersihkan gigi dan gusi, baking soda juga dapat membantu menyegarkan napas. Berikut cara memanfaatkan baking soda sebagai obat kumur, dilansir briliobeauty.net dari YouTube/SaddamIsmail, Minggu (12/5).

Bahan yang dibutuhkan sebagai berikut:

foto: YouTube/SaddamIsmail

- 2 sendok baking soda
- Air putih hangat secukupnya

Cara mengaplikasikan:

1. Tuangkan air hangat secukupnya
2. Masukkan baking soda
3. aduk semua bahan hingga tercampur rata
4. Gunakan untuk berkumur selama 30 detik
5. Buang dan lanjutkan dengan berkumur menggunakan air biasa (untuk membilas)
6. Lakukan secara rutin agar bau mulut hilang.