Tanpa deodoran, ini trik 'marinasi' ketiak pakai Betadine Skin Cleanser bikin bebas bau seharian

21 September 2024 08:00 WIB

Brilio.net - Ketiak bau biasanya disebabkan oleh aktivitas bakteri yang memecah keringat, menghasilkan senyawa tidak sedap. Sebenarnya, keringat sendiri tidak berbau, tetapi ketika bercampur dengan bakteri di kulit, dapat menimbulkan aroma kurang sedap.

Faktor lain yang dapat memengaruhi bau ketiak termasuk kebersihan tubuh yang kurang, pemakaian pakaian tidak menyerap keringat, serta konsumsi makanan tertentu seperti bawang atau rempah-rempah yang kuat. Untuk mencegah dan mengatasi ketiak bau, penting untuk menjaga kebersihan dengan rutin mandi dan menggunakan sabun antibakteri.

Penggunaan deodoran atau antiperspirant yang sesuai juga sangat dianjurkan untuk mengurangi bau dan keringat. Selain itu, memilih pakaian berbahan alami yang breathable juga dapat membantu mengurangi kelembapan dan mencegah pertumbuhan bakteri.

Meski begitu, terkadang penggunaan deodoran justru membuat ketiak hitam dan iritasi akibat kandungan kimia di dalamnya. Jika kamu mengalami kondisi ini, tak perlu khawatir, karena baru-baru ini sedang trend istilah 'marinasi' ketiak yang dibagikan oleh pengguna X dengan nama akun @cyycynn.

Metode 'marinasi' ketiak tersebut dipercaya mampu mengatasi bau ketiak tanpa membuat kulit ketiak iritasi dan menghitam. Melalui akun X, wanita tersebut mengklaim bahwa ia tak mengalami bau ketiak sedikitpun hingga seharian usai melakukan marinasi ketiak menggunakan Betadine Skin Cleanser. Bahkan, saat ia tak mandi seharian dan berada di Bekasi yang terkenal memiliki udara yang sangat panas.

foto: X/@cyycynn

"Akulah si tukang marinasi ketek pake betadine sebelum mandi itu! Beneran ngilangin bau nggak enak, soalnya aku kalo di rumah suka males pake deorex biar ketek aku napas. Seharian nggak mandi, dengan udara panas bekasi, aman jaya no bau bau," tutur akun tersebut, seperti yang briliobeauty.net kutip pada Jumat (20/9).

Nggak sampai di situ, akun tersebut juga mengungkapkan bagaimana ia menggunakan obat kumur sebagai 'marinasi' ketiaknya.

foto: X/@cyycynn

"Karena banyak yang nanya cara pake jadi aku mau share cara aku yah. Makenya pas kulitnya masih kering, aku olesin tanpa pake kapas dan aku diemin aja sambil sikat gigi. Selesai sikat gigi, aku bilas sambil digosok pelan biar ilang terus lanjut mandi biasa," jelas sang pemilik akun.

Lewat thread-nya, pemilik akun juga mengingatkan untuk melakukan konsultasi pada dokter ahli jika pemakaian sudah di atas 2 minggu. Ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan iritasi bagi pemilik kulit sensitif.

Perlu diketahui bahwa Betadine Skin Cleanser merupakan sabun antiseptik dengan kandungan Povidone-Iodine 7,5 persen, yang diformulasikan untuk membersihkan kulit dan membunuh kuman penyebab penyakit. Tak sedikit yang menggunakan produk ini untuk mengatasi jerawat dan masalah kulit lainnya.

(brl/lut)