Tanpa deodoran mahal, trik atasi ketiak bau dan hitam ini cuma pakai pasta gigi dicampur 2 bahan alami

22 Agustus 2024 16:11 WIB

Brilio.net - Masalah bau dan kulit hitam di area ketiak adalah keluhan umum yang dapat memengaruhi kepercayaan diri dan kenyamanan sehari-hari. Bau tidak sedap pada ketiak biasanya disebabkan oleh bakteri yang berkembang biak dalam kondisi lembap. Sementara, kulit hitam di area ini sering kali disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati, gesekan, atau penggunaan produk tertentu.

Kulit hitam di ketiak, juga disebut sebagai hiperpigmentasi. Kondisi ini sering disebabkan oleh beberapa faktor. Penumpukan sel kulit mati, gesekan dari pakaian atau shaving yang tidak tepat, serta penggunaan produk yang mengandung bahan kimia keras dapat menyebabkan kulit menjadi gelap. Selain itu, kondisi medis seperti akantosis nigrikans, yang terkait dengan resistensi insulin, juga bisa menyebabkan perubahan warna pada kulit.

Kedua masalah ketiak tersebut memang cukup mengganggu penampilan, tak heran jika banyak orang mencari cara untuk mengatasinya. Mungkin beberapa orang akan memilih menggunakan deodoran mahal dengan kandungan pemutih di dalamnya. Padahal, ada cara yang lebih ramah di kantong namun hasilnya tak kalah efektif lho.

Seperti unggahan yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @mamiboss77, yang memakai pasta gigi dicampur 2 bahan alami, guna mengatasi ketiak bau dan menghitam. Bahan alami yang dimaksud adalah minyak kayu putih dan garam dapur.

foto: TikTok/@mamiboss77

"resep ampuh untuk keti," tulis pemilik akun dalam keterangan video, yang briliobeauty.net kutip pada Kamis (22/8).

Usai mengetahui bahan-bahan yang akan digunakan, kini saatnya kamu menyimak cara meracik dan menggunakannya berikut ini.

Bahan:

- Pasta gigi secukupnya
- 2-3 tetes minyak kayu putih
- Sepucuk sendok makan garam

foto: TikTok/@mamiboss77

Cara meracik dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah
2. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata hingga seperti pasta
3. Aplikasikan pada ketiak yang sudah bersih dan kering secara menyeluruh
4. Gosok-gosok dengan lembut menggunakan gerakan memutar selama 2-3 menit
5. Bilas menggunakan air sampai bersih
6. Lakukan cara ini dengan rutin setiap pagi hari sebelum mandi untuk mendapatkan ketiak cerah dan bebas bau tak sedap.

foto: TikTok/@mamiboss77

Manfaat pasta gigi untuk mengatasi ketiak bau dan hitam.

Pasta gigi mengandung bahan aktif seperti baking soda dan fluoride yang memiliki sifat antibakteri dan eksfoliasi. Kandungan tersebut dapat menetralkan bau tak sedap dengan cara mengatasi kelebihan asam dan mengurangi aktivitas bakteri penyebab bau pada ketiak. Sifat abrasif ringan dari pasta gigi juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menyebabkan kulit ketiak menjadi gelap.

Kenapa minyak kayu putih bisa mengatasi bau dan hiperpigmentasi pada ketiak?

Minyak kayu putih, yang berasal dari daun pohon eucalyptus, mengandung senyawa aktif seperti eucalyptol, yang memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri dan jamur. Ini membuat minyak kayu putih efektif dalam mengurangi bau tidak sedap pada ketiak dengan mengendalikan pertumbuhan bakteri penyebab bau.

Selain itu, minyak kayu putih juga memiliki sifat pencerah yang dapat membantu mengatasi hiperpigmentasi di ketiak. Senyawa dalam minyak kayu putih dapat membantu mencerahkan kulit dan sebagai bahan pengelupasan sel kulit mati, sekaligus memperbaiki tekstur kulit.

Garam ternyata efektif mengatasi ketiak bau dan menghitam.

Garam dapat membantu mengatasi masalah bau dan kulit hitam di ketiak berkat sifat antiseptik dan eksfoliasinya. Pasalnya, bahan pemberi rasa asin ini memiliki kemampuan alami untuk membunuh bakteri dan mengurangi kelebihan kelembapan, yang dapat membantu mengatasi bau tidak sedap pada ketiak.

Selain itu, garam juga berfungsi sebagai eksfoliator alami. Ketika digunakan sebagai scrub, garam dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan lapisan kulit yang mungkin menjadi gelap akibat hiperpigmentasi.

(brl/lea)