Tanpa dicampur lemon dan kuning telur, ini cara atasi kerutan pada tangan pakai 1 ampas buah

13 / 06 / 2024 17:10 WIB

Brilio.net - Kerutan yang terjadi pada tangan tidak selalu disebabkan oleh penuaan. Melainkan bisa terjadi akibat aktivitas harian, seperti halnya terlalu lama berendam menggunakan air hangat. Kebiasan ini bisa membuat kulit tangan kamu mengalami dehidrasi. Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan banyak air. Melansir dari WebMD, Rabu (5/6) ketika tubuh kehilangan terlalu banyak air, kulit terasa kurang elastis dan menjadi kerutan.

Selain disebabkan oleh dehidrasi, kerutan pada tangan juga bisa terjadi akibat paparan sinar matahari. Radiasi ultraviolet mampu mempercepat penuaan secara alami, sehingga menyebab kerutan. Tidak hanya itu, paparan sinar matahari mampu merusak serat kolagen dan elastin (lapisan yang lebih dalam atau dermis). Dampaknya dari hal ini kulit kamu tak cuma berkerut, tapi juga bisa kering dan kusam.

Kunci agar tangan tak mudah mengalami kerutan adalah menjaga kulit agar tak mudah dehidrasi. Caranya yaitu dengan mengonsumsi air dengan takaran yang cukup. Selain itu, kamu juga bisa mengaplikasikan pelembap atau body lotion. Tak cuma itu, kamu dapat menjaga kelembapan agar kerutan di tangan jadi halus dengan memakai scrub.

Cara inilah yang dibagikan beauty vlogger dengan kanal akun @deebasbeautyremedies. Lewat short video yang berdurasi beberapa detik, ia memanfaatkan kulit pisang, gel lidah buaya, kopi hitam, dan gula pasir. Dalam scrub ini tak ada tambahan lemon dan kuning, pasalnya kemampuan mengencangkan pada kedua bahan ini bisa digantikan dengan kulit pisang.

Nah, tertarik menggunakan scrub dari bahan alami untuk atasi kerutan? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak tutorial di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @deebasbeautyremedies, Kamis (13/6).

Bahan:

foto: YouTube/@deebasbeautyremedies

- 1/2 kulit pisang
- 1 sendok teh gel lidah buaya
- 1 sendok teh bubuk kopi hitam
- 1 sendok teh gula pasir.

Cara membuat:

1. Potong menjadi dua kulit buah pisang
2. Oleskan gel lidah buaya pada kulit pisang
3. Taburkan bubuk kopi hitam
4. Tambahkan dengan gula pasir
5. Scrub siap kamu gunakan.

Cara menggunakan:

1. Pastikan kulit tangan kamu bersih dan kering
2. Oleskan scrub kulit pisang pada permukaan tangan
3. Gosok-gosok selama beberapa menit
4. Tunggu hingga kandungan scrub meresap ke dalam kulit
5. Bilas scrub menggunakan air biasa
6. Gunakan perawatan kulit tangan ini secara rutin agar kerutan pada tangan hilang dan tampak cerah.

Manfaat bahan-bahan dari scrub alami.

1. Kulit pisang.

Kulit buah pisang yang biasanya dibuang ternyata punya manfaat bagi kecantikan kulit, salah satunya adalah menghilangkan kerutan. Melansir briliobeauty.net dari cleveland clinic, Rabu (5/6) kulit pisang punya kandungan berupa antioksidan yang baik untuk mengatasi kerutan. Antioksidan pada kulit pisang juga diklaim menangkal radikal bebas, sehingga ampuh bikin kulit awet muda.

2. Gel lidah buaya.

Bahan alami berikutnya yang bisa digunakan untuk hilangkan kerutan adalah gel lidah buaya. Bahan alami ini diklaim mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin E, dan betakaroten. Semua kandungan tersebut bisa mencegah tanda penuaan termasuk kerutan dan garis halus.

3. Bubuk kopi hitam.

Kopi hitam tidak cuma enak untuk diseduh saja. Bahan minuman satu ini punya manfaat bagi kecantikan kulit, salah satunya adalah menghilangkan kerutan. Melansir dari healthsholt.com, bubuk kopi hitam berguna sebagai eksfoliator alami, sehingga bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Tak cuma bikin tangan atau wajah halus bebas keriput, eksfoliasi menggunakan kopi juga bikin kulit jadi tampak cerah.

4. Gula pasir.

Bahan alami berikutnya adalah gula pasir juga dipercaya mampu menghaluskan kerutan pada tangan. Melansir dari skinstore, gula punya kandungan asam glikolat, asam alfa hidroksi (AHA) yang bisa menembus lapisan kulit paling dalam. Maka dari itu, gula bisa merangsang regenerasi sel baru sehingga kulit jadi tampak cerah dan bebas kerutan.