Tanpa dicampur lemon, ini trik samarkan wajah penuh flek hitam pakai masker dari 1 bahan jamu

15 November 2023 16:11 WIB

Brilio.net - Kulit manusia merupakan bagian tubuh yang rentan mengalami berbagai masalah, salah satunya adalah terjadinya penumpukan melanin di wajah, tangan, dan kaki. Kondisi ini memicu terjadinya bercak gelap pada kulit yang cukup mengganggu kenyamanan. Penyebab terjadinya penumpukan melanin ini berasal dari berbagai sumber.

Paling umum dialami oleh banyak orang adalah paparan sinar matahari. Perlu kamu ketahui, adanya radiasi UV ini bisa merangsang produksi melanin dalam kulit sebagai respons alami untuk melindungi dari kerusakan sinar matahari. Nah, paparan sinar matahari yang berlebihan tanpa perlindungan ni bisa meningkatkan produksi melanin dan timbullah bercak gelap.

Selain itu, adanya perubahan hormonal juga menjadi salah satu penyebab terjadinya flek hitam. Perubahan hormon yang terjadi saat hamil dapat memicu terjadinya hiperpigmentasi. Tak hanya itu, luka yang terjadi pada kulit juga bisa menyebabkan timbulnya bercak hitam.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Biasanya banyak orang yang menggunakan krim pemutih, menggunakan skincare, dan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Cara-cara di atas tentunya membuat kamu mengeluarkan biaya berlebih.

Ada salah satu trik yang bisa menghemat biaya pengeluaran yaitu menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami. Tak perlu gunakan lemon, kamu bisa memakai kunyit untuk bahan utamanya.

Bahan yang biasanya digunakan untuk jamu ini ternyata memiliki manfaat untuk kecantikan. Pasalnya, bahan alami satu ini mengandung kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi yang bisa mengatasi peradangan.

Sifat antioksidan di dalam bahan ini mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas. Adanya sifat pemutih alami membantu mengurangi hiperpigmentasi dan membuat kulit tampak cerah.

Sementara itu, adanya madu menjadi pelembap alami karena mengandung sifat humektan. Tak hanya itu, sifat antioksidan di dalam kunyit ini bisa melawan kerusakan akibat radikal bebas dan memperbaiki kerusakan pada kulit. Kemudian adanya sifat antimikroba mampu menyembuhkan peradangan dan menyamarkan flek hitam.

Cukup menggunakan dua bahan itu, flek hitam di wajah dapat hilang. Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakan masker dari bahan-bahan di atas? Bagi kamu yang tertarik menggunakan, yuk simak informasi di bawah ini.

Bahan-bahan:

foto: YouTube/glowybeauty

1. 1 sendok makan madu
2. 1 sendok makan bubuk kunyit.

Cara membuat:

foto: YouTube/glowybeauty

1. Masukkan madu pada mangkuk kecil
2. Campurkan dengan bubuk kunyit
3. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata
4. Aplikasikan pada wajah.

Cara menggunakan:

foto: YouTube/glowybeauty

1. Sebelum mengaplikasikan, pastikan wajah kamu bersih terlebih dahulu
2. Diamkan kurang lebih 20 menit
3. Bersihkan masker menggunakan air biasa
4. Keringkan menggunakan handuk
5. Agar flek hitam hilang, gunakan masker ini secara rutin.



(brl/lea)