Tanpa eksfoliasi, beauty vlogger ini bagikan cara haluskan kulit tangan keriput pakai 1 jenis minyak

14 / 05 / 2024 12:11 WIB

Brilio.net - Pernahkah kamu mengalami keriput di tangan setelah melakukan aktivitas harian seperti beberes rumah? Kondisi tersebut merupakan suatu hal yang wajar terjadi pada semua orang. Kondisi ini biasanya terjadi karena kulit tangan kekurangan kelembapan akan lebih mudah mengalami keriput.

Dehidrasi dapat terjadi akibat kurangnya asupan cairan, cuaca yang sangat kering, atau kebiasaan mencuci tangan terlalu sering dengan sabun yang keras tanpa menggunakan pelembap setelahnya. Kulit yang kering akan kehilangan elastisitasnya dan mudah membentuk garis-garis halus dan keriput.

Selain disebabkan oleh aktivitas harian, keriput pada tangan juga bisa terjadi karena paparan sinar matahari. Paparan sinar UV dari matahari secara terus-menerus dapat merusak serat kolagen dan elastin di kulit.

Kulit kering karena paparan sinar matahari dikenal sebagai photoaging atau penuaan yang disebabkan oleh sinar matahari. Kulit tangan yang sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan akan lebih cepat mengalami keriput dibandingkan kulit yang terlindungi.

Penyebab berikutnya berasal dari penuaan alami yang terjadi seiring bertambahnya usia. Pada fase penuaan ini kulit kehilangan elastisitas dan kelembapan alaminya.

Kolagen dan elastin merupakan dua protein yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis, mulai berkurang produksinya. Akibatnya, kulit menjadi lebih tipis dan kurang elastis, sehingga mudah terbentuk keriput.

Untuk menghaluskan kembali kulit tangan keriput, kuncinya kamu harus menjaga kelembapan dengan baik. Banyak orang yang mengandalkan body lotion ataupun pelembap agar kulit bebas keriput. Nah, kamu tak perlu beli pelembap. Kamu bisa mendapatkannya dengan cara membuatnya dari bahan-bahan alami, lho.

Seperti yang dilakukan oleh seorang beauty vlogger @Naturalbeautyshop. Dalam unggahan di kanal YouTubenya, ia memanfaatkan minyak alpukat, petroleum jelly, dan rosemary hydrosol. Minyak alpukat mengandung vitamin E, vitamin A, dan vitamin D, yang semuanya penting untuk kesehatan kulit.

Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Minyak alpukat memiliki kemampuan melembapkan yang luar biasa karena kandungan asam lemaknya yang tinggi. Ini membantu menghidrasi kulit yang kering dan mencegah pembentukan keriput.

Kandungan sterol dalam minyak alpukat dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, protein yang menjaga kulit tetap elastis dan kenyal. Minyak alpukat juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan meradang.

Kulit lembap dan bebas keriput dengan petroleum jelly dan rosemary.

Petroleum jelly berfungsi sebagai pelembap oklusif, yang berarti dapat membentuk lapisan pelindung di atas kulit yang membantu mengunci kelembapan dan mencegah penguapan air dari permukaan kulit. Dengan menjaga kulit tetap lembap, petroleum jelly membantu mempercepat proses penyembuhan kulit yang kering dan retak, serta meminimalisir penampilan keriput. Nah, penggunaan rutin petroleum jelly dapat mencegah kulit tangan dari kekeringan yang ekstrem, yang merupakan salah satu penyebab utama terbentuknya keriput.

Rosemary hydrosol mengandung antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan memperlambat proses penuaan. Rosemary hydrosol memiliki sifat menyegarkan dan menenangkan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki tekstur kulit.

Meski tidak sekuat minyak atau petroleum jelly dalam mengunci kelembapan, rosemary hydrosol dapat memberikan hidrasi ringan yang cukup untuk menyeimbangkan kadar kelembapan kulit. Rosemary dikenal dapat merangsang sirkulasi darah, yang membantu meningkatkan aliran nutrisi dan oksigen ke kulit, sehingga kulit terlihat lebih sehat dan segar.

Dengan menggunakan bahan-bahan di atas kulit tangan keriput jadi halus kembali. Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakan bahan-bahan di atas? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube Naturalbeautyshop, Selasa (14/5).

Bahan:

foto: YouTube/Naturalbeautyshop

- 50% Minyak alpukat
- 50% Petroleum jelly
- Rosemary hydrosol


Cara membuat:

foto: YouTube/Naturalbeautyshop

1. Siapkan wadah bersih
2. Masukkan minyak alpukat ke dalam wadah
3. Campurkan dengan petroleum jelly dan rosemary hydrosol
4. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan memiliki tekstur pasta
5. Masukkan ke dalam jar skincare kecil dan tutup rapat
6. Dengan begitu pelembap alami siap untuk kamu gunakan.

Cara menggunakan:

foto: YouTube/Naturalbeautyshop

1. Pastikan kulit kamu bersih terlebih dahulu
2. Oleskan krim tersebut secara merata pada tangan
3. Tunggu hingga semua bahan meresap
4. Tak usah dibilas
5. Gunakan pelembap ini secara rutin untuk mendapatkan kulit tangan halus tanpa keriput.