Tanpa eye cream, pria ini tunjukkan cara hilangkan mata panda pakai 1 jenis buah

16 / 05 / 2024 20:10 WIB

Brilio.net - Sebagian besar orang mungkin pernah mengalami mata panda atau perubahan warna di sekitar mata yang menggelap. Kondisi mata panda dapat membuat seseorang terlihat lelah dan tampak kusam. Penyebab mata panda bisa berasal dari berbagai faktor, salah satu penyebab utamanya adalah kelelahan atau kurang tidur.

Ketika seseorang tidak mendapatkan istirahat yang cukup, kulit di sekitar mata menjadi pucat dan terlihat lebih gelap karena pembuluh darah di bawah kulit menjadi lebih jelas. Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan retensi cairan yang membuat area di bawah mata menjadi bengkak, sehingga bayangan dan lingkaran hitam tampak lebih menonjol.

Faktor genetika juga memainkan peran penting dalam munculnya mata panda. Beberapa orang secara alami memiliki kulit yang lebih tipis di sekitar mata, sehingga membuat pembuluh darah di bawah kulit lebih terlihat. Genetika juga dapat mempengaruhi produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit, penyebab hiperpigmentasi di sekitar mata.

Selain itu, faktor usia turut berkontribusi terhadap munculnya mata panda. Seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan kolagen dan elastisitasnya, sehingga membuat kulit menjadi lebih tipis dan pembuluh darah di bawahnya lebih tampak. Penuaan juga menyebabkan penurunan lemak dan kolagen di area sekitar mata yang dapat memperdalam bayangan di bawah mata.

Tak hanya itu, faktor lain seperti paparan sinar matahari berlebihan juga bisa menyebabkan produksi melanin meningkat di sekitar mata. Kondisi ini juga bisa memperburuk tampilan lingkaran hitam. Oleh karena itu, penggunaan pelindung matahari atau sunscreen dan kacamata hitam dapat membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada kulit di sekitar mata.

Selain menggunakan sunscreen, kamu juga bisa menghilangkan mata panda dengan perawatan menggunakan masker alami seperti yang dilakukan oleh pria bernama Vazo. Lewat unggahan video di kanal YouTube @vazoachmad, pria tersebut tampak menggunakan satu jenis buah yaitu mentimun dikombinasikan dengan gel lidah buaya.

Mentimun dan gel lidah buaya memang sering digunakan untuk perawatan wajah, terutama area mata. Pasalnya, kedua bahan alami tersebut punya kandungan yang ampuh bikin wajah glowing dan hempaskan mata panda. Mentimun juga memiliki efek pendinginan yang dapat menenangkan kulit yang lelah dan bengkak.

Meletakkan irisan mentimun dingin di atas mata dapat memberikan sensasi menyegarkan yang membantu mengurangi pembengkakan dan memberikan efek relaksasi. Mentimun juga mengandung antioksidan dan flavonoid yang membantu mengurangi iritasi dan pembengkakan. Kandungan vitamin K dalam mentimun dipercaya berperan dalam mengurangi tampilan lingkaran hitam dengan meningkatkan sirkulasi darah di area tersebut.

Kandungan air yang tinggi dalam mentimun sangat bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik cenderung terlihat lebih cerah dan sehat, sehingga membantu mengurangi tampilan mata panda. Sementara itu, gel lidah buaya terkenal karena sifatnya yang bisa melembapkan kulit. Seperti diketahui kulit di area mata sangat tipis dan rentan terhadap kekeringan.

Penggunaan gel lidah buaya dapat membantu menjaga kelembapan kulit, mencegah kekeringan yang dapat memperburuk tampilan lingkaran hitam. Sifat antiinflamasi dari lidah buaya membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan di sekitar mata, sehingga berguna untuk mengatasi mata bengkak yang sering menyertai mata panda.

Lidah buaya diklaim punya kandungan antioksidan, termasuk vitamin C dan E yang membantu melawan radikal bebas dan meremajakan kulit. Vitamin C dan E juga dapat membantu mencerahkan kulit di sekitar mata, mengurangi tampilan gelap yang disebabkan oleh hiperpigmentasi.

Kandungan antioksidan bantu hilangkan kerutan

Pada gel lidah buaya terdapat kandungan antioksidan, seperti vitamin C, E, dan beta karoten. Kandungan tersebut tidak hanya mencerahkan mata panda saja, tapi juga bermanfaat bagi kulit area mata untuk mengatasi kerutan. Dilansir dari healthline.com, antioksidan membantu melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas yang dapat mempercepat proses penuaan dan pembentukan kerutan.

Dengan melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, lidah buaya membantu menjaga kulit tetap muda dan sehat. Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakannya? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak tutorial di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @vazoachmad, Kamis (16/5).

Bahan:

foto: YouTube/@vazoachmad

- 1 buah mentimun
- 2 sendok makan gel lidah buaya
- 2 buah kapas

Cara membuat:

foto: YouTube/@vazoachmad

1. Cuci bersih buah mentimun
2. Potong menjadi dua bagian
3. Haluskan dengan menggunakan parutan
4. Masukkan ke dalam mangkuk, sembari disaring dan peras hingga keluar air
5. Campurkan dengan gel lidah buaya
6. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
7. Masker mata siap untuk kamu gunakan.

Cara menggunakan:

foto: YouTube/@vazoachmad

1. Pastikan kulit area mata bersih terlebih dahulu
2. Potong dua buah kapas
3. Masukkan kapas ke dalam masker
4. Tempelkan pada kulit area bawah
5. Tunggu selama 15 hingga 20 menit
6. Bilas menggunakan air biasa
7. Keringkan menggunakan tisu ataupun handuk bersih
8. Ulangi penggunaan masker secara rutin setidaknya dua kali dalam seminggu.