Tanpa gula atau kopi, ini trik pudarkan kulit hitam di siku dan lutut pakai 1 jenis buah

10 September 2023 21:00 WIB

Brilio.net - Wajah memang jadi bagian tubuh yang sering jadi perhatian, tak ayal orang-orang pun akan lebih aware dengan perawatan wajah. Saking fokusnya pada wajah, tak sedikit orang kemudian melupakan merawat bagian tubuh lainnya. Sehingga banyak area kulit yang tidak disadari memiliki banyak masalah. Beberapa area tersebut termasuk bagian kulit siku dan lutut.

Masalah umum yang terjadi pada bagian siku dan lutut adalah kulit yang kasar dan menghitam. Kondisi ini seringkali didasari oleh seringnya terjadi gesekan dan tekanan berulang pada kulit di area tersebut.

Baik siku dan lutut tidak hanya acap digunakan sebagai dasar bertumpu saat beraktivitas, namun juga sering terkena gesekan dengan dasar pakaian dan tumpuan yang kasar. Apalagi ketika ditambah dengan minimnya perlindungan kulit dari faktor paparan sinar matahari, maka tidak mengherankan jika 2 area ini menjadi rentan mengalami penggelapan.

Namun begitu, kamu nggak perlu bingung. Soalnya, ada cara mudah berupa penggunaan bahan alami yang bisa kamu manfaatkan sebagai solusi alternatif mengatasi masalah ini.

Salah satunya seperti yang ditunjukkan oleh @velli_krish1888948 di Instagram sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Minggu (10/9) yang menggunakan campuran buah lemon dan aloe vera sebagai kunci penanganannya.

foto: freepik.com

Lemon merupakan buah yang memiliki persentase senyawa asam sitrat dalam jumlah tinggi. Senyawa ini memiliki sifat eksfoliasi alami yang tidak hanya membantu mengangkat sel-sel kulit mati, namun juga menghaluskan kulit yang kasar dan gelap secara efektif.

Lemon juga kaya akan kandungan vitamin C yang dapat membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit di area siku dan lutut secara siginifikan.

foto: freepik.com

Gel dari aloe vera sendiri telah dikenal sejak lama karena sifat penyembuhannya. Gel aloe vera kaya akan antioksidan, vitamin E, dan enzim yang membantu menyamarkan hiperpigmentasi dan mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Selain itu, aloe vera juga memiliki efek menenangkan dan melembapkan kulit, membantu mengurangi peradangan, dan meremajakan sel-sel kulit sehingga dapat memudarkan efek kasar dan pigmentasi di area siku dan lutut.

Nah, kedua bahan di atas ini bisa kamu manfaatkan dengan langkah sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok makan gel aloe vera
2. 1 buah lemon
3. 1 sendok makan pasta gigi yang biasa digunakan
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@velli_krish1888948

1. Masukkan 1 sendok makan gel aloe vera dalam sebuah wadah kecil.
2. Tuangkan 1 sendok makan pasta gigi yang biasa kamu gunakan setelahnya.
3. Aduk kedua bahan tersebut hingga rata.
4. Oleskanlah campuran ini ke area lutut dan siku yang menghitam, lalu diamkan beberapa saat.
5. Potonglah 1 buah lemon, kemudian oleskan potongannya itu ke campuran tadi.
6. Gosokkan potongan buah lemon tersebut ke area siku dan lutut yang telah dioles campuran tadi.
7. Lakukan selama kurang lebih 5 menit, lalu diamkan kembali beberapa saat.
8. Bila dirasa cukup, bilas dengan air hingga bersih dari residunya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Velli Krish (@velli_krish1888948)

(brl/lea)