Tanpa gunakan acne patch, wanita ini bagikan cara hilangkan jerawat pada wajah pakai 1 jenis umbi-umbi

13 / 05 / 2024 07:00 WIB

Brilio.net - Munculnya jerawat pada wajah merupakan masalah umum yang dialami oleh banyak orang, terutama pada masa remaja. Meski begitu, munculnya jerawat secara keseluruhan tidak menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Namun jerawat bisa menurunkan rasa percaya diri karena biasanya menimbulkan warna merah. Belum lagi rasa nyeri yang membuat tidak nyaman. Tak heran jika banyak orang mencari cara menghilangkan masalah kulit ini.

Sebelum berbicara lebih lanjut mengenai cara menghilangkan jerawat pada wajah, sebaiknya kamu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Seperti diketahui, jerawat adalah kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya lesi merah, benjolan, atau komedo di permukaan kulit. Biasanya terjadi di area wajah, leher, dada, dan punggung. Jerawat terbentuk ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan bakteri, yang kemudian menyebabkan peradangan.

Penyebab peradangan berasal dari bakteri propionibacterium acnes. Bakteri ini secara alami hidup di kulit, tetapi ketika pori-pori tersumbat, bakteri ini berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan peradangan, mengakibatkan munculnya jerawat meradang.

Itulah penyebab utama dari munculnya jerawat. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang biasa dilakukan. Pertama yaitu cuci wajah dua kali sehari dengan pembersih bertekstur lembut untuk mengangkat kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. Kedua, pilihlah produk perawatan kulit yang tidak menyumbat pori-pori (non-komedogenik) untuk mencegah jerawat.

Terakhir, hindari memencet jerawat karena dapat menyebabkan peradangan lebih lanjut dan meninggalkan bekas luka. Biarkan jerawat pecah secara alami atau bisa juga dibantu menggunakan acne patch.

Namun selain menggunakan cara di atas, kamu bisa lho sesekali merawat wajah menggunakan metode topikal. Perawatan yang dimaksud adalah menggunakan scrub ataupun masker yang terbuat dari bahan alami. Seperti dilakukan wanita bernama Uzhra, ia memanfaatkan buah beetroot, curd, dan tepung beras.

Buah beetroot, atau lebih dikenal dengan nama buah bit merupakan jenis umbi-umbian yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang baik untuk kulit. Dilansir dari bebeautiful.in, Minggu (12/5) beetroot mengandung antioksidan kuat seperti vitamin C dan beta-karoten yang membantu melawan radikal bebas dan peradangan pada kulit. Kandungan pigmen alami dalam beetroot juga bisa membersihkan racun dari dalam tubuh sekaligus membantu mengurangi jerawat dan peradangan kulit.

Selain itu, kandungan vitamin C dalam beetroot juga dipercaya bantu cerahkan wajah dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Dengan kandungan tersebut beetroot juga bisa mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, seperti flek hitam.

Kulit jadi bersih dengan curd dan tepung beras.

Curd atau yoghurt mengandung bakteri baik yang disebut probiotik, serta asam laktat dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Asam laktat dalam curd membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori, sehingga bisa mencegah jerawat. Sifat antiinflamasi dari probiotik dalam curd membantu meredakan peradangan dan kemerahan yang terkait dengan jerawat.

Tepung beras memiliki sifat eksfoliasi yang lembut dan dapat membantu membersihkan kulit secara mendalam. Partikel halus tepung beras membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran dari permukaan kulit, sehingga mencegah penyumbatan pori-pori yang menyebabkan jerawat. Tepung beras juga memiliki kemampuan menyerap minyak berlebih pada kulit, sehingga membantu mengurangi kilap dan meminimalkan risiko jerawat.

Itulah manfaat dari sejumlah bahan yang bisa kamu dapatkan untuk menghilangkan jerawat. Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakan masker untuk menghilangkan jerawat? Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari akun Instagram @uzhra.beauty, Minggu (12/5).

Bahan:

foto: Instagram/@uzhra.beauty

- 1 buah beetroot
- 2 sendok makan curd
- 2 sendok makan tepung beras

Cara membuat:

foto: Instagram/@uzhra.beauty

1. Kupas beetroot.
2. Haluskan dan masukkan ke dalam mangkuk bersih.
3. Campurkan dengan curd.
4. Tambahkan tepung beras.
5. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
6. Masker dari bahan alami ini siap kamu aplikasikan.

Cara menggunakan:

foto: Instagram/@uzhra.beauty

1. Pastikan wajah kamu bersih terlebih dahulu.
2. Oleskan masker pada wajah dan area leher secara merata.
3. Diamkan selama 15 menit.
4. Bersihkan menggunakan air biasa.
5. Gunakan masker ini setiap dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Uzhra | Skin & Haircare (@uzhra.beauty)