Tanpa kentang atau cengkeh, ini cara bikin wajah tampak 5 tahun lebih muda pakai 1 jenis lalapan

22 September 2023 20:02 WIB

Brilio.net - Tampak lebih muda dari usia sebenarnya adalah dambaan bagi kebanyakan orang. Namun sayangnya, proses penuaan tidak bisa dihindari, apalagi seiring dengan bertambahnya usia. Selain itu, paparan sinar matahari, polusi, hingga pola hidup yang kurang sehat juga bisa menjadi yang mempercepat proses penuaan. Bahkan ada yang justru tampak lebih tua dari umur sebenarnya. Kondisi tersebut biasa disebut dengan penuaan dini.

Pertambahan usia biasanya akan menyebabkan munculnya garis-garis pada wajah, seperti pipi, mulut, hidung, dan area mata. Sehingga hal ini terkadang membuat wajah menjadi keriput dan terlihat lebih tua. Maka tak heran apabila seseorang selalu mencari cara mengencangkan kulit wajah agar tampak awet muda.

Tak sedikit yang rela menghabiskan banyak uang untuk perawatan kecantikan. Padahal, resep awet muda tidak hanya dengan perawatan kecantikan, bisa juga dari makanan yang dikonsumsi dan hal lainnya. Langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat dan sehat. Ya, beberapa makanan terbukti dapat membuat tubuh dan wajah lebih awet muda.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan perawatan wajah dengan bahan-bahan alami untuk membuat wajah tampak awet muda. Bahkan wajahmu akan tampak 5-10 tahun lebih muda dari umurmu yang sebenarnya, lho. Tanpa kentang atau cengkeh, pemilik akun TikTok @ada_nwaimo membagikan cara membuat wajah tampak muda denga menggunakan 1 jenis lalapan.

"Use this for younger looking skin. Anti aging remedy to look younger than your age (Gunakan ini untuk kulit tampak lebih muda. Obat antipenuaan agar terlihat lebih muda dari usia kamu)," tulis pemilik akun sebagai keterangan video unggahan, dilansir briliobeauty.net dari akun TikTok @ada_nwaimo, Jumat (22/9).

Lalapan yang dimaksud adalah tomat. Pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu vitamin E dan bubuk oatmeal. Nggak cuma bagus untuk kesehatan, tomat juga bisa kamu manfaatkan untuk mencegah penuaan kulit. Dikutip dari jurnal Annual Review of Food Science and Technology, kandungan likopen dalam tomat membantu mencegah perubahan warna kulit, perubahan tekstur, dan garis-garis halus serta kerutan.

foto: freepik.com

Bahkan kandungan vitamin B dalam tomat juga dapat berperan dalam perbaikan sel kulit, sehingga bisa mencegah munculnya garis-garis halus, kerutan, dan bintik-bintik penuaan. Sementara vitamin E juga merupakan salah satu bahan yang umum digunakan untuk membuat wajah tampak lebih muda. Hal ini berkat kandungan antioksidan dalam vitamin E.

Fungsi antioksidan dalam vitamin E dapat memengaruhi sirkulasi darah yang membuat kulit tampak lebih kencang dan awet muda. Itu sebabnya, orang yang rutin menggunakan produk skincare mengandung vitamin E akan merasa kulitnya lebih membaik dan tampak kencang.

Oatmeal tak hanya sebagai bahan makanan yang menyehatkan, namun juga dapat kamu manfaatkan untuk mengencangkan kulit dan membuatnya awet muda. Oatmeal mengandung antioksidan dan aneka zat yang memiliki efek antipenuaan. Kandungan tersebut diketahui baik untuk memperlambat penuaan kulit dan mencegah terbentuknya keriput atau kerutan di kulit wajah.

Hanya dengan ketiga bahan yang sudah disebutkan, kamu dapat membuat masker wajah antipenuaan yang diklaim mampu membuatmu awet muda. Penggunaan yang rutin juga akan membuatmu tampak lebih muda dari umurmu yang seharusnya. Penasaran? Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

foto: TikTok/@ada_nwaimo

1. 1 buah tomat
2. 1/4 sendok teh vitamin E
3. 1 sendok teh bubuk oatmeal (kamu bisa menghaluskannya terlebih dahulu menggunakan blender hingga menjadi bubuk)

Cara membuat:

foto: TikTok/@ada_nwaimo

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata
3. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh (kamu juga bisa mengaplikasikan pada tangan, leher, dan bagian kulit yang lain)
4. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas menggunakan air dingin sampai bersih
5. Keringkan wajah lalu aplikasikan moisturizer
6. Gunakan masker antipenuaan ini secara rutin 3-4 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang 5-10 tahun lebih muda.

(brl/mal)