Tanpa krim bleaching, cara cerahkan lutut hitam ini cuma pakai body serum dicampur 1 bahan dapur

24 / 05 / 2024 11:45 WIB

Brilio.net - Lutut adalah bagian tubuh yang rentan mengalami perubahan warna. Biasanya, lutut akan menghitam dan tampak lebih gelap dari area kulit di sekitarnya. Kondisi ini memang bisa mengganggu penampilan, apalagi bagi kamu yang gemar menggunakan celana pendek atau rok di atas lutut. Meski begitu, kondisi ini sebenarnya adalah hal yang normal.

Kondisi ini dapat dialami oleh semua orang, terlepas dari warna kulitnya. Meski begitu, ada banyak orang yang tidak percaya diri karena memiliki lutut hitam, sehingga merasa perlu mencerahkannya.

Biasanya, lutut yang menghitam bisa terjadi akibat hiperpigmentasi. Masalah ini terjadi ketika kulit memproduksi melanin berlebihan, sebuah pigmen atau zat yang memberi warna alami pada kulit.

Beberapa penyebab hiperpigmentasi di antaranya adalah penumpukan sel kulit mati, terjadinya gesekan atau tekanan berlebih, paparan sinar matahari, hiperpigmentasi pasca inflamasi, kulit terlalu kering atau dehidrasi, hingga penyakit atau kondisi kulit tertentu seperti eksim.

Jika kamu salah satu orang yang mengalami kondisi ini, bisa melakukan berbagai cara untuk mencerahkannya. Mulai dari melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare seperti scrub pemutih atau krim bleaching, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Krim bleaching memang banyak dimanfaatkan untuk memutihkan lutut yang hitam. Selain efektif, krim bleaching diklaim lebih simpel. Namun sayangnya, tak semua orang cocok menggunakan krim bleaching yang dijual di pasaran. Pasalnya, kandungan pemutih di dalamnya kerap kali membuat iritasi kulit.

Solusi lainnya, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @ajengcndy. Pengguna TikTok tersebut justru memakai body serum yang dicampur dengan 1 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah bubuk kopi.

foto: TikTok/@ajengcndy

Kandungan body serum untuk memutihkan kulit, khususnya lutut hitam.

Sama halnya dengan serum wajah, body serum memiliki tekstur ringan seperti air yang kental. Konsentrasi bahan aktif pada body serum juga lebih tinggi dibandingkan dengan body lotion dan body cream. Inilah yang membuat body serum cepat menyerap serta mampu menutrisi kulit hingga ke lapisan terdalam.

Nah, jika kamu memiliki kulit kusam, khususnya lutut yang hitam, bisa menggunakan body serum untuk mencerahkannya. Pasalnya, hampir semua produk body serum mengandung beragam bahan aktif pencerah kulit, seperti vitamin C, vitamin E, niacinamide, atau salicylic acid. Penggunaan yang rutin akan membuat kulit tampak lebih cerah dan sehat.

Manfaat bubuk kopi untuk mencerahkan lutut.

Kopi secara tidak langsung dapat membantu mencerahkan kulit. Ini karena butiran kopi berfungsi sebagai scrub yang melakukan eksfoliasi dengan mengangkat sel-sel kulit mati serta membuka pori-pori yang tersumbat. Kandungan asam dalam kopi juga bisa meratakan warna kulit seperti eksfoliator kimiawi.

Dengan mengombinasikan kedua bahan tersebut, kamu bisa membuat scrub pemutih lutut yang cukup efektif. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya berikut ini, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @ajengcndy, Jumat (24/5).

foto: TikTok/@ajengcndy

Bahan:

- 2-3 sendok makan bubuk kopi
- 10-15 pump body serum

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah.
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata.
3. Aplikasikan pada lutut secara menyeluruh.
4. Diamkan selama 10-15 menit.
5. Gosok-gosok dengan lembut menggunakan gerakan memutar.

foto: TikTok/@ajengcndy

6. Bilas menggunakan air sampai bersih.
7. Lanjutkan dengan penggunaan body serum atau body lotion.
8. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan lutut yang cerah merata.