Tanpa krim pemutih, ini cara menghilangkan flek hitam di wajah pakai 1 bahan minuman

27 November 2023 22:00 WIB

Brilio.net - Paparan sinar matahari yang begitu menyengat tidak hanya membuat tubuh merasa lelah. Namun juga membawa dampak buruk bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Perlu kamu ketahui, adanya paparan sinar matahari berlebih pada kulit, bisa merangsang produksi melanin. Hal ini lah yang membuat flek hitam atau bintik-bintik gelap ini muncul.

Tidak hanya disebabkan oleh paparan sinar matahari, flek hitam juga bisa terjadi karena perubahan hormonal, seperti penggunaan alat kontrasepsi, masa kehamilan, dan lainnya yang bisa menyebabkan peningkatan produksi melanin. Faktor berikutnya yaitu bisa terjadi karena adanya luka bekas kecelakaan, dan bekas jerawat yang menghitam.

Timbulnya flek hitam di beberapa area wajah ini kemungkinan bisa membuat kamu merasa tidak percaya diri. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang yang mencari cara untuk memudarkan flek hitam di wajah. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan flek hitam yaitu menggunakan sunscreen, memakai produk skincare dengan kandungan asam kojic, asam askorbat, dan retinoid yang mencerahkan. Bahkan ada yang rela menggunakan treatment di klinik kecantikan.

Tentunya, treatment tersebut tidaklah murah. Kamu perlu mengeluarkan biaya berlebih untuk beberapa kali treatment. Sebagai solusinya, kamu bisa lho memakai masker yang terbuat dari bahan alami, seperti teh, tepung beras, madu, dan susu murni.

Teh mengandung antioksidan, seperti polifenol dan katekin yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang bisa memperburuk flek hitam. Selain itu, kandungan tanin dalam teh dapat membantu menyamarkan noda atau flek pada kulit.

Sementara tepung beras mengandung zat pemutih alami yang dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Kemampuan exfoliating pada tepung beras juga membantu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kulit tampak lebih cerah.

Bahan tambahan yakni madu memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan yang dapat membantu membersihkan kulit, meredakan peradangan, serta mempercepat proses penyembuhan. Kandungan enzim dalam madu juga dapat membantu mengurangi flek hitam dan meratakan warna kulit.

Sebagai bahan pelengkap, susu mengandung asam laktat alami yang berfungsi sebagai eksfolian ringan, membantu mengangkat sel-sel kulit mati, dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. Kandungan nutrisi dalam susu juga dapat memberikan kelembapan dan mencerahkan kulit.

Kamu tertarik untuk menggunakan bahan-bahan di atas untuk memudarkan flek hitam? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak informasi di bawah ini.

Bahan-bahan:

cara menghilangkan flek hitam
YouTube/sahibamakeover

1. 1 bubuk teh
2. 1 sendok teh tepung beras
3. 1 sendok makan madu murni
4. 1 sendok makan susu murni

Cara membuat:

cara menghilangkan flek hitam
YouTube/sahibamakeover

1. Masukkan bubuk teh pada mangkuk
2. Campurkan dengan tepung beras
3. Tuangkan madu dan susu murni ke dalam wadah tersebut
4. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Cara menggunakan:

cara menghilangkan flek hitam
YouTube/sahibamakeover

1. Sebelum diaplikasikan, pastikan wajah dan leher bersih terlebih dahulu
2. Oleskan masker tersebut pada wajah dan leher
3. Diamkan kurang lebih 15 menit
4. Bilas menggunakan air biasa
5. Keringkan wajah memakai tisu atau handuk bersih
6. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan trik ini secara rutin.

(brl/ola)