Tanpa kuning telur, ini cara atasi wajah kendur jadi kenyal bak kulit bayi pakai 1 jenis buah

14 / 05 / 2024 15:11 WIB

Brilio.net - Seiring bertambahnya usia, kulit wajah yang semula kencang dapat berubah menjadi kendur. Walaupun kulit kendur merupakan hal yang normal terjadi, tak sedikit orang terlebih kaum wanita mempermasalahkan tanda penuaan satu ini.

Seperti yang kamu ketahui, usia yang bertambah membuat kulit kamu cenderung kehilangan kolagen dan elastin. Kedua hal tersebut merupakan jaringan ikat yang menjaga kulit tetap kencang dan awet muda.

Ada proses penuaan pada tumbuh mengakibatkan kulit kamu jadi kendur di sekitar area wajah, leher, dan bagian tubuh tertentu. Tak hanya itu, bagian otot wajah juga bisa melemah sehingga menyebabkan kulit kendur.

Selain disebabkan oleh penuaan alami, kulit kendur juga bisa terjadi karena paparan sinar matahari atau biasa dikenal dengan photoaging. Paparan sinar UV dari matahari merusak serat kolagen, elastin di kulit, mempercepat proses penuaan dan menyebabkan kulit kendur serta berkerut.

Untuk mengencangkan kulit kendur dan bikin kenyal bak kulit bayi, kamu perlu melakukan perawatan secara rutin. Salah satunya adalah mengaplikasikan scrub ataupun masker yang terbuat dari bahan topikal.

Trik ini seperti yang dilakukan seorang beauty vlogger dengan kanal YouTube @wildturmeric. Lewat unggahan di kanal YouTubenya, ia memanfaatkan beetroot dan tepung gandum, tanpa pakai campuran kuning telur. Kedua bahan ini memiliki berbagai manfaat yang dapat mendukung kesehatan kulit.

Tepung gandum memiliki tekstur yang bisa digunakan sebagai scrub alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Ini membantu membersihkan pori-pori, mengurangi komedo, dan memperbaiki tekstur kulit. Eksfoliasi yang efektif dapat membantu meratakan warna kulit dan membuatnya tampak lebih cerah dan segar.

Tepung gandum mengandung protein yang penting untuk memperbaiki dan membangun jaringan kulit. Protein ini membantu meningkatkan elastisitas kulit, sehingga kulit terasa lebih kencang. Asam amino dalam tepung gandum membantu dalam regenerasi sel-sel kulit dan memperkuat jaringan kulit.

Selain itu, tepung gandum kaya akan vitamin E, yang merupakan antioksidan kuat. Vitamin E membantu menjaga kelembapan kulit dan melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan menjaga kelembapan kulit, tepung gandum membantu kulit tetap kenyal dan lembut, mengurangi tampilan garis halus dan kerutan.

Tepung gandum memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan meradang. Ini penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan bebas dari iritasi yang dapat mempercepat penuaan. Sementara itu, adanya vitamin dan mineral seperti vitamin B dan seng dalam tepung gandum membantu dalam proses regenerasi sel kulit. Ini membantu kulit terlihat lebih segar dan muda.

Kandungan antioksidan dalam beetroot bikin kulit kenyal.

Dilansir dari kaya.in, Selasa (14/5) beetroot kaya akan antioksidan seperti betalains yang membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel kulit. Beetroot meningkatkan aliran darah ke kulit, memberikan nutrisi dan oksigen yang diperlukan untuk kulit yang sehat dan kenyal.

Kandungan vitamin C dan potasium dalam beetroot membantu menghidrasi kulit dan menjaga kelembapannya. Beetroot memiliki sifat pencerah alami yang membantu mengurangi pigmentasi dan meratakan warna kulit.

Setelah mengetahui manfaat dari masing-masing bahan, apakah kamu tertarik untuk mengencangkan wajah kendur menggunakan bahan alami? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @wildturmeric, Selasa (14/5).

Bahan:

foto: YouTube/@wildturmeric

- 2 buah beetroot
- 3 sendok makan tepung gandum.


Cara membuat:

foto: YouTube/@wildturmeric

1. Kupas buah beetroot dan haluskan menggunakan parutan
2. Masukkan ke dalam saring dan peras menggunakan sendok hingga keluar airnya
3. Campurkan dengan tepung gandum
4. Aduk hingga semua bahan memiliki tekstur pasta
5. Scrub bisa langsung kamu gunakan.

Cara menggunakan:

foto: YouTube/@wildturmeric

1. Pastikan kulit wajah kamu bersih
2. Oleskan pada wajah dan scrub ini juga bisa kamu gunakan pada bagian tubuh lainnya seperti badan
3. Tunggu selama 15 menit
4. Pijat-pijat dan bilas menggunakan air biasa
5. Gunakan scrub ini sebelum mandi dan aplikasikan secara rutin setidaknya dua kali dalam seminggu.