Tanpa kunyit dan kopi, ini cara hilangkan bekas jerawat menghitam pakai 1 jenis umbi-umbian

1 September 2023 18:10 WIB

Brilio.net - Permasalahan jerawat saja sudah membuat resah bagi yang mengalaminya, apalagi jika bekasnya juga turut menghitam dan sulit hilang. Setelah jerawat mereda, biasanya akan memunculkan bekas jerawat. Ada berbagai macam bekas jerawat, salah satunya bekas jerawat yang menghitam. Masalah kulit ini tentu membuat kamu merasa tidak percaya diri.

Pasalnya, saat jerawat sembuh dan sel-sel kulit baru terbentuk, sel-sel yang membantu memulihkan permukaan kulitmu mengandung terlalu banyak melanin. Melanin adalah zat pemberi warna pada kulit. Saat sel-sel kulit tertentu kelebihan zat melanin daripada yang lain, hasilnya adalah muncul bercak kulit yang lebih gelap. Kondisi ini disebut juga sebagai hiperpigmentasi pasca-inflamasi. Hal ini tentu bisa bikin siapa saja yang mengalaminya jadi frustasi, khususnya wanita.

Bekas jerawat yang menghitam sering kali sama bandelnya dengan jerawat itu sendiri. Meski sudah diberi produk tertentu, masih enggan pergi. Namun, kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu coba. Nah, ada dua metode yang bisa kamu coba, yaitu dengan cara alami atau menggunakan skincare.

Namun, bagi pemilik kulit sensitif, penggunaan bahan alami jauh lebih aman dan minim risiko. Tanpa kunyit dan kopi, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami lain yang tak kalah ampuh. Sebut saja seperti unggahan dari akun TikTok @ambreenzahoor2 pada 23 Mei 2023.



Video tersebut berisi tentang cara hilangkan bekas jerawat menghitam pakai 1 jenis umbi-umbian. Umbi-umbian yang dimaksud adalah kentang. Selain kentang, ia juga menambahkan bahan lain yaitu bubuk beras (tepung beras) dan madu.

"Remove acne scars with potato scrub (Hilangkan bekas jerawat dengan scrub kentang)," katanya sebagai keterangan video unggahan, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @ambreenzahoor2, Jumat (1/9).

foto: freepik.com

Manfaat kentang untuk wajah mungkin dapat diperoleh karena kentang mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Nutrisi tersebut di antaranya adalah vitamin C, niacin, antioksidan, dan zat antiradang. Kandungan ini dapat meredakan peradangan pada jerawat yang membuatnya semakin besar dan susah hilang. Selain itu juga dapat menyamarkan bekas jerawat.

Kandungan niacin pada kentang juga dapat membantu menyamarkan bekas jerawat. Niacin adalah salah satu jenis vitamin (vitamin B3) yang banyak ditemukan pada berbagai produk perawatan kulit. Bahkan bopeng hingga bekas jerawat yang menghitam juga dapat diatasi dengan salah satu jenis umbi-umbian ini.

Sementara beras, merupakan bahan perawatan kulit wajah alami yang dipercaya efektif untuk membantu membuat kulit lebih lembap dan cerah. Beras juga mampu menghilangkan sel kulit mati pemicu kulit kusam. Ini berkat kandungan vitamin dan senyawa antioksidan di dalamnya.

Asam amino dan vitamin yang terkandung di dalam beras bekerja untuk memutihkan kulit dengan meningkatkan kadar kolagen serta elastisitas kulit. Kandungan tirosinase pada tepung beras juga dapat mencegah produksi melanin yang berlebihan di kulit. Tak terkecuali pada bekas jerawat yang menghitam.

Begitupun dengan madu yang juga dikenal manfaatnya untuk mengatasi berbagai masalah wajah. Salah satunya adalah bekas jerawat yang menghitam. Madu mempunyai sifat antibiotik yang secara efektif bisa membunuh berbagai bakteri penyebab jerawat. Sekaligus bisa mencegah peradangan yang akan ditimbulkan oleh bakteri penyebab jerawat.

foto: TikTok/@ambreenzahoor2

Dengan ketiga bahan yang sudah disebutkan tersebut, kamu bisa membuat scrub wajah yang diklaim mampu memudarkan bekas jerawat yang menghitam. Bahkan kamu juga akan mendapatkan wajah yang lebih mulus dan cerah merata. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

1. 1 Butir kentang
2. 1 Sendok makan bubuk beras (tepung beras)
3. 1 Sendok makan madu

foto: TikTok/@ambreenzahoor2

Cara membuat:

1. Potong kentang menjadi 2 bagian
2. Iris-iris kentang menggunakan pisau pada sisi dalamnya agar sari-sari kentang keluar
3. Tuangkan bubuk beras diatasnya lalu ratakan
4. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
5. Gosok-gosok dengan lembut menggunakan gerakan memutar, khususnya pada bagian yang terdapat bekas jerawat
6. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas menggunakan air sampai bersih, dan keringkan
7. Tuangkan madu pada bagian kentang yang lainnya
8. Gosokkan pada wajah secara menyeluruh dan diamkan selama 10 menit
9. Bilas kembali menggunakan air sampai bersih
10. Gunakan scrub ini secara rutin 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

(brl/far)