Tanpa kunyit dan lemon, begini trik atasi noda hitam dan kusam pada wajah pakai 2 jenis buah-buahan

21 September 2023 17:10 WIB

Brilio.net - Kehadiran noda hitam akan membuat penampilan menjadi tidak sempurna dan kurang menarik. Parahnya, noda hitam tersebut dapat membuat wanita tampak lebih tua dari usia mereka yang sebenarnya. Dengan bantuan perias wajah, maka noda tersebut akan dapat disamarkan dengan mudah. Namun, ini tidak membuat masalah tersebut menjadi selesai.

Pasalnya, noda hitam akan membuat wajah juga jadi kurang mulus dan tampak kusam. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab munculnya noda hitam. Seperti hiperpigmentasi, bekas jerawat, komedo, hingga flek penuaan. Selain noda hitam, wajah kusam juga disebabkan karena beragam faktor. Mulai dari kondisi stres, sering begadang hingga larut malam, sering terkena paparan sinar matahari secara langsung, hingga lingkungan kotor dengan berbagai macam polusi.

Kondisi tersebut bisa semakin diperparah jika seseorang malas membersihkan wajah. Akibatnya, segala kotoran maupun polusi yang menempel pada wajah setelah beraktivitas seharian, bisa menjadi penyebab timbulnya berbagai masalah kulit lainnya, salah satunya jerawat.

Jika kamu mengalaminya, tak perlu bimbang karena kamu dapat mengatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami. Tanpa kunyit dan lemon, karena pemilik akun TikTok @rikasays pada 23 Juli 2020, menggunakan 2 jenis buah-buahan. Buah yang dimaksud adalah nanas dan blueberry. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu yoghurt dan madu.

"DIY FACE MASK FOR LITERALLY ALL YOUR SKIN PROBLEMS (MASKER WAJAH DIY UNTUK SEMUA MASALAH KULIT KAMU)," tulisnya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @rikasays, Kamis (21/9).

foto: freepik.com

Tidak hanya rasanya yang menyegarkan, nanas ternyata memiliki kandungan gizi dan kaya akan vitamin. Dengan adanya kandungan nutrisi dan antioksidan dari buah ini, akhirnya nanas juga dimanfaatkan untuk perawatan kulit untuk meningkatkan kesehatan kulit. Mengonsumsi dan menggunakan nanas secara teratur merupakan cara yang ampuh dan terbukti untuk bisa mendapatkan kulit bersih dan cerah.

Nanas memiliki sifat yang luar biasa membantu menghilangkan sel-sel mati dari wajah dan memastikan kulit yang bersih, bercahaya, dan cerah. Kandungan asam askorbat dalam nanas akan membantu memudarkan bekas luka dan noda hitam. Enzim yang ada pada nanas juga dapat memecah sel-sel kulit mati pada wajah penyebab wajah kusam.

Begitupun dengan blueberry yang juga bisa mengatasi berbagai masalah pada kulit wajahmu. Blueberry memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga sering dijadikan sebagai salah satu bahan produk pencerah kulit wajah. Nggak hanya itu, blueberry juga mengandung vitamin B6, vitamin K, zat gizi anthocyanin serta serat yang tinggi. Kandungan tersebut dapat membantu memudarkan noda hitam.

Sedangkan yoghurt memiliki kandungan asam laktat yang akan membantu lapisan kulit di bawah untuk naik ke atas, sehingga akan menghilangkan noda pada wajah. Hal ini juga diperkuat dengan sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Science. Kandungan asam laktat pada yogurt dapat membantu melembapkan sekaligus membuat kulit tampak lebih cerah. Kandungan vitamin B2 atau riboflavin di dalamnya juga dapat menjaga hidrasi kulit.

Tak terkecuali dengan madu juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam dan penuh noda. Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam madu, bisa membantu menghambat proses hiperpigmentasi di kulit yang disebabkan karena terlalu sering terpapar sinar matahari.

Dengan keempat bahan itu, kamu dapat membuat masker wajah yang memiliki beragam manfaat untuk wajah. Seperti mencerahkan wajah kusam, menghilangkan noda, menghidrasi kulit, sekaligus mencegah penuaan dini. Yuk, simak cara membuatnya:

foto: TikTok/@rikasays

Bahan:

1. 1 sendok makan yoghurt

2. 1/2 sendok makan sari nanas

3. 3 butir blueberry

4. 1/2 sendok makan madu

foto: TikTok/@rikasays

Cara membuat:

1. Cuci nanas yang sudah dikupas lalu haluskan dan ambil sarinya

2. Tuangkan yoghurt pada wadah kemudian tambahkan sari nanas, blueberry yang sudah dicuci, dan madu

3. Aduk keempat bahan tersebut sampai tercampur merata (kamu bisa menghaluskan blueberry menggunakan sendok)

4. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh

5. Diamkan selama 20-30 menit

6. Bilas wajah menggunakan air sembari sampai bersih digosok-gosok dengan lembut

7. Lanjutkan dengan penggunaan es batu pada wajah untuk menutup pori-pori wajah

8. Keringkan lalu aplikasikan moisturizer

9. Gunakan masker wajah ini secara rutin 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

(brl/pep)