Tanpa kunyit, ini cara rapatkan pori-pori agar kulit tak cepat berminyak pakai toner dari 2 jenis buah

25 Agustus 2023 17:10 WIB

Brilio.net - Saat banyak beraktivitas, umumnya orang-orang akan cepat merasa gerah karena rasa panas dan produksi keringat yang dikeluarkan kulit. Namun selain itu, kondisi tersebut juga sering memicu kulit untuk mengeluarkan banyak minyak. Akibatnya, kulit wajah pun terlihat berkilau karena minyak, kusam, dan kotor. Situasi ini jelas dapat membuat siapapun yang mengalaminya merasa tidak nyaman.

Sebenarnya apa sih yang dapat memicu kulit menjadi cepat berminyak? Hal ini terjadi karena akitivitas tinggi disertai cuaca panas yang dapat membuka pori-pori kulit. Kondisi ini kemudian akan memicu kelenjar sebasea menghasilkan lebih banyak sebum untuk mengimbangi penguapan air yang mempertahankan kelembapan kulit.

Selain itu, kondisi ini sering disertai dengan terperangkapnya kotoran dan debu dari lingkungan pada pori-pori kulit sehingga membuatnya tersumbat. Bila tidak ditangani dengan baik, kondisi tadi bisa berubah menjadi masalah komedo dan jerawat lho.

Namun begitu, kamu yang dihadapkan pada masalah ini nggak perlu bingung. Pasalnya, kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami seperti buah-buahan untuk membuat face mist yang dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih sebagai solusi alternatif.

Salah satu caranya dibagikan pengguna akun Instagram @diybyshikha yang dilansir brilobeauty.net pada Jumat (25/8). Pengguna akun itu memanfaatkan bahan-bahan alami berupa buah semangka, lemon, dan air mawar.

foto: freepik.com

Semangka merupakan buah yang terkenal akan banyaknya kandungan air dan serat. Kandungan ini memiliki manfaat besar berupa efek mendinginkan dan membantu membersihkan kulit dari kotoran yang menempel. Selain itu, kandungan likopen dalam semangka juga membantu melawan radikal bebas dan merangsang produksi kolagen yang dalam prosesnya dapat merangsang merapatnya pori-pori kulit.

foto: freepik.com

Sementara itu, lemon kaya akan vitamin C, antioksidan, dan asam sitrat. Vitamin C berperan penting dalam memperbaiki dan meregenerasi jaringan kulit. Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Asam sitrat, di sisi lain, memiliki sifat astringen dan eksfoliasi alami yang membantu mengontrol produksi sebum, menghilangkan sel-sel kulit mati, dan membersihkan pori-pori kulit.

foto: freepik.com

Air bunga mawar pada dasarnya mengandung senyawa-senyawa antioksidan dan antiinflamasi seperti flavonoid, polifenol, vitamin C, dan vitamin E. Zat-zat tersebut membuat air mawar dapat membantu memberi efek menenangkan dan mencerahkan kulit. Selain itu, air mawar juga memiliki sifat astringen yang membantu mengurangi sekaligus mengontrol produksi minyak berlebih sehingga bisa merapatkan pori-pori.

Penggunaan ketiga bahan di atas bisa kamu lihat pada petunjuk yang tertera berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 buah semangka
2. 1 buah lemon
3. 2 sendok teh air mawar
4. Wadah kecil
5. Botol spray kosong
6. Alat saring

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@diybyshikha

1. Potong 1 buah semangka dan iris sebagiannya menjadi beberapa potongan kecil.
2. Haluskan semangka tersebut menggunakan garpu sembari disaring untuk mendapatkan airnya.
3. Peras 1/2 potong buah lemon dan campurkan bersama air semangka tadi.
4. Tambahkan 2 sendok teh air mawar setelahnya.
5. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata dan pindahkan ke botol spray kosong.
6. Aplikasikan dengan cara menyemprotkannya ke wajah secara merata.
7. Biarkan hingga menyerap, atau tepuk pelan menggunakan tangan.
8. Gunakan face mist ini kapanpun dibutuhkan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Shikha (@diybyshikha)

(brl/jad)