Tanpa kunyit, ini cara tuntaskan noda hitam agar wajah kembali bersinar pakai 1 jenis umbi-umbian

13 September 2023 12:10 WIB

Brilio.net - Melanin adalah pigmen kulit yang menentukan warna pada kulit manusia. Biasanya, melanin diproduksi oleh kulit secara seimbang sesuai dengan warna kulit. Namun, ada beberapa faktor yang bisa mengganggu keseimbangan produksi melanin, sehingga bisa menurun atau meningkat. Jika melanin menumpuk di bagian kulit tertentu, maka bisa menyebabkan beberapa masalah kulit, salah satunya munculnya bintik-bintik gelap yang disebut flek hitam.

Paparan polusi dan sinar UV matahari secara terus-menerus adalah salah satu faktor umum yang bisa menyebabkan flek hitam. Ini karena sinar UV memiliki gelombang UVB yang bisa meningkatkan produksi melanin dan membuat kulit terasa terbakar. Selain itu, polusi dan debu yang melekat di kulit setelah aktivitas sehari-hari juga bisa merusak sel-sel kulit dan memicu produksi melanin lebih banyak. Hal ini menyebabkan warna kulit tidak rata karena flek hitam dan kotoran yang menempel.

Tapi, jangan khawatir, kamu bisa mengatasi masalah ini dengan cara alami yang efektif tanpa harus menggunakan skincare komersil yang banyak di pasaran. Kamu bisa mencoba menggunakan campuran ekstrak buah bit, aloe vera, dan air mawar, seperti yang ditunjukkan akun Instagram @glamwithshama, dilansir briliobeauty.net pada Selasa (12/9).

tuntaskan noda hitam
freepik.com

Buah bit adalah sayuran yang kaya akan antioksidan seperti betalain dan vitamin C. Senyawa-senyawa ini dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV dan mencegah timbulnya flek hitam. Selain itu, buah bit juga mengandung zat besi dan vitamin B yang dapat meningkatkan aliran darah ke kulit dan membantu regenerasi sel-sel kulit. Hal ini dapat membuat kulit lebih bersih dan sehat.

tuntaskan noda hitam
freepik.com

Aloe vera adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat, termasuk vitamin (A, C, dan E), mineral, enzim, asam amino, dan polisakarida. Aloe vera dapat melembapkan kulit secara intensif dan merangsang pembaharuan kulit agar lebih sehat. Selain itu, aloe vera juga dapat menghilangkan kotoran dan kegelapan pada kulit.

tuntaskan noda hitam
freepik.com

Bunga mawar memiliki banyak vitamin dan asam lemak esensial. Vitamin E misalnya, memiliki sifat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan mencegah kulit rusak. Sementara itu, vitamin A dapat menstimulasi pembentukan sel kulit baru. Selain itu, vitamin C dalam bunga mawar juga dapat mencerahkan kulit dengan menghambat produksi melanin dalam kulit sehingga dapat memutihkan kulit secara perlahan.

Ketiga bahan di atas ini bisa kamu manfaatkan dengan mengikuti petunjuk berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 buah bit
2. 1 sendok makan gel aloe vera
3. 1 sendok makan air mawar
4. Wadah kecil
5. Alat parut

Langkah pengerjaan:

tuntaskan noda hitam
Instagram/@glamwithshama

1. Parut 1 buah bit sampai halus
2. Saring air parutan buah bit ke dalam mangkuk kecil
3. Campurkan gel aloe vera dan air mawar masing-masing 1 sendok makan (bisa disesuaikan jika perlu)
3. Aduk rata semua bahan
4. Jika ada, simpan campuran ini di dalam jar kecil
5. Aplikasikan campuran ini ke wajah secara merata dan diamkan sampai meresap.
6. Gunakan secara teratur untuk hasil yang optimal.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Shama Parveen (@glamwithshama)

(brl/ola)