Tanpa lemon, ini cara mencerahkan kulit kusam dan gradakan hanya pakai 1 bahan lalapan

8 September 2023 17:10 WIB

Brilio.net - Kulit kusam dan gradakan menggambarkan dua masalah yang membuat wajah terlihat lebih kusam, kehilangan kilau, dan memiliki tekstur tidak merata. Biasanya kondisi kulit ini ditandai dengan adanya noda hitam dan warna kulit yang tidak merata.

Timbulnya masalah kulit di atas disebabkan oleh berbagai faktor. Pertama adalah perawatan kulit yang tidak dilakukan dengan tepat, termasuk membersihkan, menghidrasi, dan penggunaan tabir surya. Hal tersebut dapat menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati dan membuat pori-pori tersumbat yang membuat kulit tampak kusam dan gradakan.

Untuk mengatasi masalah kulit di atas, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah merawat kulit secara rutin. Kamu bisa memakai produk skincare, mulai dari pembersih, pelembap, dan pencerah.

Tidak hanya itu, kamu bisa melakukan eksfoliasi secara alami dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Kali ini kamu tak perlu menggunakan lemon. Sebagai solusinya, kamu bisa menggantikan bahan tersebut dengan satu jenis lalapan yaitu mentimun.

Mentimun mengandung sekitar 95% air yang membantu menjaga kulit terhidrasi dan memberikan sensasi segar. Sedangkan sifat antiiflamasi di dalam bahan ini mampu meredakan peradangan. Lalu, kandungan vitamin C ini mampu mencerahkan dan mengencangkan kulit kendur.

Bahan tambahan yaitu tepung beras berguna untuk eksfoliasi alami karena memiliki tekstur lembut. Sementara itu, kandungan vitamin B di dalam bahan ini mampu merangsang produksi kolagen, sehingga kulit tampak cerah.

Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakan masker dari bahan-bahan di atas? Yuk, simak tutorial yang dibagikan oleh pengguna YouTube @mehglow, Jumat (8/9).

foto: YouTube/@mehglow

Bahan-bahan:

1. 2 sendok makan tepung beras
2. 2 sendok makan jus mentimun.

foto: YouTube/@mehglow

Cara membuat:

1. Masukkan tepung beras ke dalam wadah bersih
2. Tuangkan jus mentimun
3. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

foto: YouTube/@mehglow

Cara menggunakan:

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan masker tersebut
2. Aplikasikan masker tersebut ke wajah hingga merata
3. Biarkan kurang lebih 15 hingga 20 menit
4. Bersihkan masker tersebut menggunakan air biasa
5. Keringkan dengan menggunakan handuk atau tisu bersih.

(brl/wen)