Tanpa lidah buaya, ini trik membuat minuman kolagen agar tak mengalami penuaan dini pakai 2 bahan jamu

8 November 2023 16:10 WIB

Brilio.net - Proses penuaan merupakan bagian dari fase kehidupan yang tidak bisa dihentikan, melainkan dicegah agar terlihat awet muda dan kulit senantiasa sehat. Salah satunya untuk menjaga kulit tetap sehat dan tak menua adalah rutin mengonsumsi minuman kolagen.

Kolagen merupakan protein struktural yang penting untuk jaringan ikat dalam tubuh manusia, termasuk kulit, rambut, kuku, tulang, sendi, dan organ-organ lainnya. Semua ini memberikan kekuatan, kekencangan, dan menjaga elastisitas kulit.

Namun dengan semakin bertambahnya usia, membuat produksi kolagen cenderung menurun. Kondisi ini menyebabkan penampilan garis halus, kerutan, dan kulit mengendur.

Agar kulit tidak mengalami penuaan dini, langkah yang perlu kamu lakukan adalah meningkatkan produksi kolagen. Kamu bisa melakukannya dengan mengonsumsi minuman yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Jika dalam campuran minuman kolagen terdapat lidah buaya, kali ini sebagai gantinya memakai kunyit dan jahe sebagai bahan utama. Bahan jamu, seperti jahe mengandung kurkumin yang mempunyai sifat antiinflamasi. Kandungan ini mampu mengurangi peradangan, melindungi sel-sel kulit dari kerusakan, dan menjadi pemutih alami.

Bahan tambahan yaitu jahe melindungi kolagen dan elastin dalam kulit, hal ini lantaran jahe memiliki kandungan antiaging. Bahkan bisa meningkatkan sirkulasi darah yang bisa mengirimkan nutrisi dan oksigen ke sel-sel kulit. Sementara itu, adanya kandungan vitamin C dalam lemon juga mampu meningkatkan kadar kolagen dan memberikan tampilan kulit yang lebih cerah.

Nah, itulah beberapa manfaat dari sejumlah bahan yang bisa kamu dapatkan. Lantas bagaimana cara membuat minuman kolagen dari bahan-bahan di atas? Bagi kamu yang penasaran, yuk simak langkah-langkah di bawah ini.

Bahan-bahan:

foto: YouTube/shofya ar

1. 1 ruas kunyit
2. 1 ruas jahe
3. 1/2 perasan lemon
4. 1 sendok makan asam jawa
5. 1 hingga 2 sendok makan madu
6. Air panas.

Cara membuat:

foto: YouTube/shofya ar

1. Bersihkan kunyit dan jahe dari kulitnya
2. Cuci hingga bersih dan parut kedua bahan tersebut
3. Masukkan ke dalam gelas
4. Tambahkan perasan lemon

foto: YouTube/shofya ar

5. Campurkan dengan madu
6. Tuangkan air panas secukupnya
7. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
8. Minuman kolagen siap untuk dikonsumsi.

(brl/lea)