Tanpa lidah buaya, trik tingkatkan kadar kolagen agar tak timbul kerutan pakai masker dari 1 sayuran

7 Desember 2023 11:10 WIB

Brilio.net - Memiliki wajah yang tidak menua seiring bertambahnya usia seolah menjadi tolak ukur kecantikan untuk sejumlah wanita. Sayangnya, impian tersebut harus pupus, karena semakin bertambahnya usia seseorang kadar kolagen dalam kulit mulai menurun. Hal tersebut menyebabkan sejumlah tanda penuaan, seperti kerutan dan garis halus mulai muncul.

Agar tanda-tanda penuaan tersebut tak cepat muncul, hal utama yang perlu kamu lakukan adalah meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh. Kamu bisa melakukan hal ini dengan berbagai cara, mulai dari mengonsumsi makanan dengan kandungan protein, seperti lemak, daging, telur, dan kacang-kacangan. Kemudian, mengonsumsi suplemen kolagen yang tersedia dalam berbagai bentuk yaitu pil dan serbuk.

Selain meningkatkan kadar kolagen dari dalam tubuh, kamu juga bisa mendapatkan tambahan dari luar. Caranya yaitu menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami. Jika biasanya lidah buaya yang sering digunakan untuk meningkatkan kadar kolagen, kamu juga bisa memakai satu jenis sayuran sebagai alternatif.

Sayuran yang dipakai adalah selada dengan bahan tambahan seperti rosemary, oatmeal dan susu juga diperlukan untuk meningkatkan kadar kolagen tersebut. Bukan tanpa sebab, sayuran satu ini memiliki kandungan berupa vitamin A, C, dan K yang bisa merangsang produksi kolagen dan melawan kerusakan sel-sel kulit akibat radikal bebas.

Sedangkan rosemary sebagai bahan tambahan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, seperti asam rosmarinat dan asam kafeat, yang dapat melindungi kolagen dari kerusakan akibat radikal bebas. Senyawa-senyawa ini membantu menjaga kekuatan dan elastisitas kulit serta merangsang produksi kolagen baru.

Bahan tambahan lain, seperti oatmeal memiliki sifat antiinflamasi dan mengandung beta-glukan yang dapat membantu merangsang produksi kolagen. Kandungan antiinflamasi membantu mengurangi peradangan pada kulit yang dapat mengganggu proses produksi kolagen. Selain itu, oatmeal memiliki kemampuan untuk melembapkan kulit yang penting untuk kesehatan kulit secara keseluruhan.

Sedangkan susu kaya akan protein, kalsium, vitamin D, dan asam laktat. Protein dalam susu, terutama whey protein dan kasein, merupakan bahan yang penting dalam pembentukan kolagen. Adanya asam laktat dalam susu mampu melembutkan dan mencerahkan kulit.

Dengan menggunakan bahan-bahan tersebut, kadar kolagen dalam tubuh bisa meningkatkan dan mencegah tanda penuaan muncul. Kamu tertarik untuk menggunakannya? Bagi yang ingin mencoba, yuk simak tutorialnya di bawah ini, seperti dilansir briliobeauty.net dari akun YouTube/diynaturalrecipes pada Rabu (6/12).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/diynaturalrecipes

1. 1 lembar daun selada
2. Rosemary
3. Sedikit air putih
4. 1 sendok makan oatmeal
5. 1 sendok makan susu murni

Cara membuat:

foto: YouTube/diynaturalrecipes

1. Cuci bersih daun selada tersebut
2. Potong menjadi beberapa bagian
3. Potong juga daun rosemary dan masukkan ke dalam blender
4. Tuangkan air putih dan haluskan
5. Tuangkan pada mangkuk dan tambahkan oatmeal
6. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata
7. Tambahkan dengan susu murni dan aduk kembali.

Cara menggunakan:

foto: YouTube/diynaturalrecipes

1. Oleskan pada wajah dan leher yang sudah dibersihkan
2. Diamkan kurang lebih 20 menit
3. Pijat-pijat wajah beberapa menit
4. Bilas menggunakan air biasa
5. Keringkan menggunakan handuk atau tisu bersih.

(brl/mal)