Tanpa lip balm, cara cerahkan bibir hitam ini prosesnya nyeleneh tapi hasilnya langsung terlihat

26 / 05 / 2024 04:00 WIB

Brilio.net - Sejumlah orang mungkin bisa mengalami bibir hitam atau pengurangan warna karena faktor genetik dan medis. Selain itu, faktor yang paling sering membuat bibir hitam adalah paparan sinar matahari. Paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari dapat merangsang produksi melanin pada bibir dan menyebabkan hiperpigmentasi.

Dehidrasi juga bisa menjadi salah satu penyebab bibir hitam. Kurangnya asupan cairan dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah, yang kemudian bisa menggelap. Melihat faktor tersebut, kamu bisa menghindari beberapa penyebab bibir hitam dengan menggunakan lip balm yang berformulasi SPF. Selain itu, kamu juga perlu memenuhi asupan air di dalam tubuh agar tidak dehidrasi.

Makanan yang bisa bikin bibir hitam.

Perubahan warna pada bibir ini juga bisa disebabkan oleh makanan. Ada beberapa bahan makanan dan minuman yang bikin bibir hitam yaitu kopi, teh, dan soda. Minuman berkafein dapat menyebabkan dehidrasi, yang membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Kafein juga bisa mengganggu aliran darah ke bibir, yang dapat mempengaruhi warna alami bibir.

Selain itu, makanan pedas dapat menyebabkan iritasi pada bibir, terutama jika bibir sudah kering atau pecah-pecah. Iritasi berulang bisa menyebabkan peradangan dan hiperpigmentasi.

Kemudian buah-buahan asam mengandung asam sitrat yang bisa menyebabkan iritasi dan kekeringan pada bibir, terutama jika bibir sudah sensitif. Paparan asam secara terus-menerus dapat merusak lapisan pelindung bibir.

Cara mencerahkan warna bibir.

Untuk mengembalikan warna alami bibir, kamu bisa melakukan perawatan rutin. Salah satunya adalah mengaplikasikan scrub yang terbuat dari bahan alami. Seperti yang ditunjukkan oleh beauty vlogger Ine Wiana. Dalam unggahan video di kanal YouTubenya @Inewiana ia tampak mengaplikasikan bubuk hitam yang membuat proses mengatasi bibir hitam tampak nyeleneh. Walaupun bikin heran ternyata bubuk hitam yang diketahui kopi hitam itu bisa bikin bibir jadi cerah dan merah alami.

Kopi memiliki tekstur butiran halus yang sangat efektif untuk eksfoliasi. Melansidr dari indiatimes.com, Sabtu (25/5) penggunaan kopi sebagai scrub dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir, yang sering kali membuat bibir tampak lebih gelap. Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan sirkulasi darah di area bibir, memberikan efek bibir yang lebih segar dan merona. Bubuk kopi juga kaya antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan membantu meregenerasi kulit, menjadikan bibir lebih sehat dan cerah.

Tak cuma bubuk kopi, scrub ini juga terdapat bahan lain yaitu madu. Madu adalah humektan alami yang dapat menarik dan mempertahankan kelembapan, menjaga bibir tetap terhidrasi dan lembut.

Madu memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu menyembuhkan bibir yang pecah-pecah dan mempercepat regenerasi sel kulit baru. Madu mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dapat menutrisi kulit bibir, membantu memudarkan warna hitam dan mengembalikan warna alami bibir.

Dengan menggunakan bahan-bahan di atas, apakah kamu tertarik memakai scrub untuk hilangkan bibir hitam? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @Inewiana, Minggu (26/5).

foto: YouTube/@Inewiana

Bahan:

- 1 sendok makan madu
- 1 sendok makan bubuk kopi hitam.

foto: YouTube/@Inewiana

Cara membuat:

1. Masukkan madu ke dalam wadah bersih
2. Tuangkan bubuk kopi hitam
3. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
4. Scrub siap untuk kamu gunakan.

foto: YouTube/@Inewiana

Cara menggunakan:

1. Oleskan scrub pada bibir yang kering
2. Pijat-pijat selama beberapa menit
3. Bilas menggunakan air biasa
4. Keringkan pakai tisu
5. Dengan begitu bibir jadi cerah dan merah alami
6. Ulangi perawatan ini secara rutin setidaknya tiga kali dalam seminggu.