Tanpa masker kopi, ini cara bikin wajah kusam akibat flek jadi cerah merona pakai 1 kulit buah

8 Desember 2023 06:00 WIB

Brilio.net - Kekusaman merupakan salah satu masalah yang sering timbul di kulit banyak orang. Kulit kusam sendiri merupakan sebutan bagi kulit yang terlihat tidak cerah akibat kehilangan kilau alaminya. Orang yang memiliki kulit kusam sering merasa tidak percaya diri dengan penampilan dirinya sendiri.

Kondisi kulit kusam biasanya juga sering dibarengi dengan kemunculan flek hitam. Flek hitam merupakan salah satu hiperpigmentasi kulit yang mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap dari warna kulit normal. Flek hitam sendiri dapat berupa bintik-bintik kecil atau besar sekalipun yang sering muncul di bagian wajah.

Salah satu faktor utama munculnya kulit kusam dan flek hitam adalah paparan polusi dan sinar UV matahari. Pasalnya, gelombang sinar UV dari matahari dapat menimbulkan rasa terbakar dan memicu produksi melanin pada kulit. Selain itu, menempelnya polusi dan debu setelah beraktivitas sehari-hari juga dapat merusak sel-sel kulit, sehingga memicu meningkatnya produksi melanin yang berkontribusi pada proses penggelapan warna kulit.

Meski begitu, kamu nggak perlu bingung untuk mengatasi masalah di atas. Pasalnya, kamu bisa mencoba memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai solusi yang tak kalah ampuh dari skincare komersil di luar sana. Salah satunya dengan menggunakan campuran kulit jeruk, buat bit, dan tepung gram seperti yang ditunjukkan oleh @thesassynandini_ di Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Jumat (8/12).

foto: freepik.com

Kulit buah jeruk memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C, serat, dan antioksidan, sehingga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Vitamin C dalam buah jeruk membantu mengurangi produksi melanin berlebihan, mencerahkan kulit, dan merangsang produksi kolagen.

Antioksidan dalam jeruk melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas yang dapat mengakibatkan kerusakan kulit. Selain itu, serat dalam jeruk membantu membersihkan kotoran pada kulit, sehingga berdampak positif pada penampilan wajah yang lebih cerah.

foto: freepik.com

Buah bit mengandung senyawa antioksidan kuat seperti betalain dan vitamin C yang dapat membantu mengatasi kerusakan akibat sinar UV dan mencegah terbentuknya bintik-bintik hitam pada kulit. Selain itu, kandungan zat besi dan vitamin B dalam buah bit juga secara aktif bekerja meningkatkan sirkulasi darah ke kulit yang dapat mendukung regenerasi sel-sel kulit. Hal ini dalam prosesnya akan memunculkan kulit yang lebih cerah dan sehat.

foto: freepik.com

Tepung gram terbuat dari kacang kedelai yang telah dihaluskan. Kandungan nutrisi dalam tepung gram meliputi vitamin C, seng, dan protein. Melalui komponen tersebut, tepung gram memiliki khasiat mencerahkan kulit dari polusi serta membantu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kulit terlihat menjadi lebih segar. Untuk menggunakan ketiga bahan di atas, kamu cukup mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok teh tepung gram
2. 1 sendok teh bubuk kulit jeruk
3. 1 sendok makan ekstrak buah bit
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@thesassynandini_

1. Keringkan beberapa kulit jeruk, lalu haluskan dengan blender hingga membentuk bubuk
2. Masukkan 1 sendok teh bubuk kulit jeruk dan tepung gram ke dalam wadah kecil
3. Tuangkan pula 1 sendok makan ekstrak buah bit setelahnya
4. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata
5. Aplikasikan campuran ini sebagai masker wajah sembari dipijat secara merata selama beberapa saat
6. Diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas hingga bersih dari residu
7. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Rajnandini Singh || Content Creator (@thesassynandini_)

(brl/mal)