Tanpa masker kunyit, ini cara cerahkan flek hitam di wajah akibat sinar matahari pakai 1 jenis daun

16 Agustus 2023 12:10 WIB

Brilio.net - Mempunyai flek hitam yang timbul di permukaan wajah merupakan hal yang cukup mengganggu bagi sejumlah orang. Pasalnya, flek hitam yang sulit dihilangkan ini mengganggu penampilan dan bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Penyebab utamanya dikarenakan ada ketidakseimbangan produksi melanin pada kulit.

Faktor yang mempengaruhi adalah paparan sinar matahari berlebih yang dapat merangsang produksi melanin. Kondisi ini merupakan respons dari kulit sebagai perlindungan alami agar tidak terbakar. Selain itu, faktor lain seperti peradangan akibat jerawat, luka, dan kondisi tertentu juga dapat memicu produksi melanin. Akibatnya, bekas luka dan jerawat tersebut dapat meninggalkan bekas luka yang menghitam.

Di sisi lain, adanya produksi hormon selama masa kehamilan atau penggunaan alat kontrasepsi juga dapat memicu produksi melanin. Maka dari itu, tak heran jika flek hitam dapat timbul di fase ini.

Untuk mencerahkan flek hitam, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan. Salah satunya adalah menggunakan masker yang berasal dari bahan alami seperti kunyit. Bahan rempah ini memiliki kandungan berupa kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi. Nah, kandungan tersebut dapat menghambat produksi melanin yang berlebih dalam kulit. Adanya sifat antiinflamasi ini bisa membantu meredakan peradangan dan meratakan warna kulit.

Tapi tanpa menggunakan bahan tersebut, kamu masih bisa mengatasi flek hitam. Cukup gunakan masker dari bahan utama yaitu daun mint. Jenis daun ini mempunyai kandungan sifat penyegar yang bisa mengatasi iritasi. Lalu, sifat antiinflamasi dan antioksidan di dalam daun mint bisa membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan menyamarkan flek hitam.

Bahan tambahan lain yaitu curd atau yoghurt mengandung asam laktat yang bisa membuka dan membersihkan pori-pori wajah. Sementara itu, kandungan tersebut juga dapat mengatasi tampilan kulit kusam dan meratakan warna kulit.

Lantas bagaimana cara membuat masker dari bahan-bahan di atas? Bagi kamu yang belum mengetahui caranya, yuk intip tutorial yang dibagikan oleh pengguna YouTube Rk Food Secrets seperti dilansir briliobeauty.net, Selasa (15/8).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/Rk Food secrets

1. Daun mint
2. Curd atau yoghurt
3. 1/2 potong buah lemon
4. Rosewater
5. Multani mitti
6. Almond oil

Cara membuat:

foto: YouTube/Rk Food secrets

1. Cuci terlebih dahulu daun mint sampai bersih.
2. Masukkan ke dalam gelas secukupnya.
3. Tuangkan lima sendok makan curd atau yoghurt.
4. Campurkan dengan perasan buah lemon.
5. Masukkan bubuk multani mitti secukupnya.
6. Tuangkan rosewater secukupnya.
7. Haluskan semua bahan menggunakan blender.
8. Tambahkan beberapa tetes almond oil.
9. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Cara mengaplikasikannya:

foto: YouTube/Rk Food secrets

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu.
2. Lalu, oleskan masker tersebut ke seluruh wajah.
3. Diamkan kurang lebih 15 atau 20 menit hingga kering.
4. Bilas menggunakan face wash dan air bersih.

(brl/jad)