Tanpa masker madu, ini trik bersihkan pori-pori tersumbat agar jadi rapat pakai 1 jenis minuman

5 Januari 2024 17:10 WIB

Brilio.net - Membersihkan pori-pori wajah merupakan hal yang penting untuk dilakukan setiap hari. Langkah perawatan awalnya tentu dengan membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian. Tapi, perawatan ini juga harus ditambah dengan eksfoliasi yang dilakukan secara rutin tiap minggu.

Jika tak melakukan eksfoliasi, pori-pori kulit akan tersumbat dan tampak melebar. Kotoran yang menyumbat pori-pori berpotensi menyebabkan berbagai permasalahan kulit seperti jerawat hingga kulit kusam.

Saat ini ada berbagai produk eksfoliasi yang bisa kamu temukan. Tapi kamu juga bisa memformulasikan sendiri perawatan untuk mengangkat sel kulit mati dengan berbagai bahan di sekitar. Bahan alami juga bisa kamu gunakan untuk melakukan eksfoliasi.

Akun Instagram @roshni_azhar_ membagikan trik membersihkan pori dengan bahan sederhana yang bisa kamu dapatkan di rumah saja. Dilansir briliobeauty.net pada Jumat (5/1), berikut cara lengkapnya yang bisa kamu praktikkan untuk merawat pori-pori wajah.

foto: freepik.com

Bahan alami yang dimaksud yakni teh hijau dan lidah buaya atau aloe vera. Teh hijau telah dikenal sejak lama karena kandungan antioksidannya yang tinggi dan manfaatnya bagi kesehatan kulit. Kandungan polifenol sebagai senyawa antioksidan alami membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, teh hijau juga memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengatasi peradangan yang bisa memicu pori-pori menjadi lebih besar dan tersumbat. Plus, kemampuan teh hijau untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit dapat mengurangi kemungkinan terjadinya sumbatan pada pori-pori.

foto: freepik.com

Bagi kulit berminyak, aloe vera adalah pilihan pelembap yang baik. Hal ini dikarenakan aloe vera dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih dan sekaligus menyamarkan pori-por dengan kemampuannya meregenerasi sel-sel kulit.

Selain itu, tekstur ringan aloe vera yang tidak menyumbat pori-pori membuat kulit terhidrasi dengan baik, sehingga mengurangi kemungkinan pembesaran ukuran pori-pori dan penyumbatannya oleh kotoran.

Kedua bahan di atas ini bisa kamu gunakan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok makan gel aloe vera
2. 1 bungkus kantong teh hijau
3. Wadah kecil

foto: Instagram/@roshni_azhar_

Langkah pengerjaan:

1. Masukkan 1 bungkus bubuk teh hijau dalam sebuah wadah kecil.
2. Tambahkan 1 sendok makan gel aloe vera setelahnya
3. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata.
4. Aplikasikan racikan ini ke wajah dengan cara memijatnya dengan lembut selama 3-5 menit.
5. Diamkan selama beberapa menit setelahnya sebelum dibilas hingga bersih dari residu.
6. Jangan lupa aplikasikan pelembap, dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ROSH | BEAUTY AND FASHION (@roshni_azhar_)

(brl/wen)