Tanpa mentimun, ini trik bikin wajah berpori-pori besar jadi bersih dan mulus pakai 2 makanan pokok

29 November 2023 10:11 WIB

Brilio.net - Kebersihan pori-pori merupakan salah satu poin penting dalam upaya menjaga kesehatan dan penampilan kulit. Pori-pori kulit sendiri sejatinya merupakan lubang-lubang kecil pada permukaan kulit yang berfungsi sebagai saluran pengeluaran minyak dan keringat.

Meskipun berperan penting dalam proses menjaga keseimbangan suhu dan kelembapan kulit, pori-pori ini bisa menjadi biang masalah ketika ukuran rongganya membesar dari biasanya.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kondisi di atas. Aktivitas keseharian yang tinggi disertai cuaca panas sejatinya dapat membuka pori-pori kulit dan memicu kelenjar minyak dalam kulit menghasilkan lebih banyak sebum untuk mengimbangi penguapan air oleh keringat yang terjadi. Makanya tak jarang kalau kamu bisa melihat kulit orang menjadi begitu greasy dan berminyak saat berada di lingkungan bersuhu tinggi.

Lalu, mengapa pembesaran rongga pori-pori dapat menjadi biang masalah kulit? Sebagaimana telah disebutkan di atas, rongga pori-pori berperan penting menjadi tempat keluar minyak dan keringat.

Hanya saja, ukuran pori-pori yang membesar justru memudahkan partikel kotoran kecil masuk dan menumpuk di dalam rongga tersebut. Apabila dibiarkan lebih lama, hal ini akan memicu terjadinya penyumbatan yang memicu terbentuknya komedo, bahkan jerawat sekalipun.

Namun begitu, kamu yang menghadapi persoalan ini nggak perlu panik kok. Pasalnya, ada banyak sekali bahan alami di luar sana yang bisa kamu manfaatkan sebagai solusi alternatif merapatkan ukuran pori-pori.

(brl/lea)