Tanpa minum kolagen, ini cara pudarkan keriput pada wajah mengendur pakai 1 bubuk minuman

2 November 2023 10:45 WIB

Brilio.net - Seiring bertambahnya usia, banyak yang berubah pada tubuh. Selama proses ini yang begitu terdampak adalah kulit. Proses penuaan pada kulit pada dasarnya membuat kulit kulit kehilangan kemampuannya untuk menjaga elastisitas dan kelembapan alaminya. Akibatnya kulit tampak kering dan lambat laun menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus.

Proses penuaan bisa terjadi lebih cepat jika seseorang secara konstan terkena paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Pasalnya paparan sinar ultraviolet (UV), terutama tipe UVA, memiliki komponen tajam yang dapat merusak kolagen dan elastin sebagai sel protein penyusun struktur kulit. Dalam prosesnya, struktur kulit pun akan melemah sehingga mulai kendur dan menampakkan kerutan.

Selain itu, gaya hidup buruk juga dapat mempercepat proses penuaan, seperti merokok, sering begadang, hingga konsumsi makanan kurang gizi. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan produksi radikal bebas di dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kerusakan kulit dan memicu keriput. Sementara itu, keseringan begadang dapat mengganggu proses regenerasi kulit karena hormon kortisol yang memecah sel protein seperti kolagen dan elastin tadi.

Meskipun tidak dapat dihindari, intensitas penuaan sebenarnya dapat dikurangi. Salah satu triknya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mengandung komponen yang bermanfaat dalam melindungi dan meningkatkan kolagen di kulit. Seperti memanfaatkan campuran kopi, aloe vera, dan tomat sebagaimana diperlihatkan dalam unggahan akun Instagram @popxodaily, dilansir briliobeauty.net pada Kamis (2/11).

cara pudarkan keriput
freepik.com

Bubuk kopi mengandung antioksidan, seperti asam klorogenat, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini juga dapat merangsang produksi kolagen, protein yang membantu menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Selain itu, bubuk kopi juga memiliki sifat eksfoliasi alami yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel baru, memberi kesan kulit yang lebih muda.

Bubuk kopi memang memiliki banyak manfaaat untuk kesehatan kulit, salah satunya dalam menyamarkan kerutan-kerutan halus. Nah, salah satu produk yang bisa kamu gunakan ini dari Excelso The Classic Bubuk yang memiliki kesegaran aroma. Dapatkan produknya dengan harga terjangkau dari link e-e-commerce berikut ini.

(brl/ola)