Tanpa minyak kelapa, ini cara atasi kulit kendur agar kembali kencang hanya pakai 1 jenis buah-buah

11 September 2023 19:24 WIB

Brilio.net - Kulit kendur atau bergelambir adalah masalah yang dapat terjadi pada siapa saja. Salah satu penyebabnya bisa dipengaruhi karena perubahan berat badan yang drastis. Kondisi ini bisa terjadi karena kulit membutuhkan waktu lama untuk menyesuaikan dengan perubahan.

Tak hanya itu, faktor yang paling berpengaruh dalam kondisi kulit kendur ini adalah proses penuaan. Ketika usia semakin bertambah, produksi kolagen dan elastin dalam kulit mulai menurun. Hal inilah yang menyebabkan kulit kehilangan kekencangan dan elastisitasnya.

Agar terhindar dari kulit kendur, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah merawat kulit. Kamu bisa menggunakan produk perawatan yang tepat, seperti retinol, asam hialuronat, peptida, dan antioksidan. Semua kandungan tersebut bisa membantu meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit.

Selain itu, kamu juga bisa mengimbangi perawatan dengan cara lain. Salah satunya menggunakan masker yang terbuat dari bahan-bahan alami. Tak melulu menggunakan minyak kelapa, kamu bisa mengatasi masalah kulit kendur dengan bahan alami lainnya. Dalam video yang dibuat oleh channel YouTube Shivani Kitchen, ia mengganti bahan tersebut dengan beetroot.

Jenis umbi-umbian ini mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Kandungan vitamin C dalam bahan ini mampu merangsang produksi kolagen, mencerahkan, dan mencegah tanda penuaan. Multani mitti sebagai bahan tambahan memiliki kemampuan untuk mengontrol produksi minyak.

Maka dari itu, bisa digunakan untuk mengatasi jerawat dan kulit kendur. Di sisi lain, kegunaannya sebagai eksfoliasi alami ini membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan meregenerasi kulit. Berbicara mengenai multani mitti, bahan alami ini bisa kamu dapatkan di marketplace.

Selain itu, adanya lidah buaya atau aloe vera menjadi pelembap alami yang bisa menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Kandungan fitokimia dalam bahan ini bisa merangsang produksi kolagen, mencerahkan, dan memperbaiki kulit rusak.

Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakan masker dari bahan-bahan di atas? Nah, bagi kamu yang belum tahu cara-caranya, yuk simak informasi di bawah ini dilansir briliobeauty.net dari YouTube/@shivanikikitchen pada Senin (11/9).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/@shivanikikitchen

1. 1 sendok makan bubuk beetroot
2. 1 sendok makan bubuk multani mitti
3. 1 sendok makan aloe vera
4. 1 sendok makan madu murni
5. 1 sendok makan yogurt

Cara membuat:

foto: YouTube/@shivanikikitchen

1. Masukkan bubuk beetroot ke dalam mangkuk
2. Campurkan bubuk multani mitti
3. Tuangkan lidah buaya atau aloe vera
4. Tambahkan dengan madu murni
5. Masukkan yoghurt
6. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Cara menggunakan:

foto: YouTube/@shivanikikitchen

1. Pastikan wajah dan leher bersih terlebih dahulu
2. Oleskan masker tersebut pada area tersebut
3. Diamkan hingga kering, kurang lebih 15 hingga 20 menit
4. Cuci wajah dengan face wash
5. Keringkan dengan menggunakan handuk bersih
6. Gunakan masker ini secara rutin dua hingga tiga kali dalam seminggu.

(brl/mal)