Tanpa mouthwash mahal, begini cara bikin jamu atasi bau mulut nggak sedap pakai 3 jenis rempah

30 Juli 2024 18:10 WIB

Brilio.net - Bau mulut tak sedap atau halitosis adalah masalah umum yang dapat mempengaruhi siapa pun, tidak peduli usia atau jenis kelaminnya. Bau mulut yang tidak sedap dapat timbul dari berbagai penyebab, termasuk kondisi mulut yang tidak sehat, kebiasaan makan tertentu, atau masalah kesehatan yang mendasarinya.

Tak hanya itu saja, kondisi ini juga disebabkan oleh kebiasaan jarang menyikat gigi dan kurangnya menjaga kebersihan mulut. Dilansir dari Healthline, bau mulut yang tidak sedap umumnya disebabkan oleh bakteri yang tumbuh karena sisa makanan tersangkut di gigi. Sisa makanan tersebut akan melepaskan senyawa belerang yang berbau busuk.

Jika terus dibiarkan, bakteri penyebab bau mulut akan berkembang biak semakin banyak, sehingga membentuk plak dan karang gigi. Ketika itu terjadi, bau yang muncul bisa lebih parah dan berkepanjangan. Jka kamu salah satu orang yang mengalaminya, tak perlu risau, karena kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan jamu atau ramuan alami yang berasal dari rempah-rempah dapur.

Dengan ramuan alami tersebut, kamu tak perlu lagi membeli mouthwash atau obat kumur mahal. Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan akun @logamjawa. Dalam video unggahannya, pemilik akun menggunakan tiga jenis rempah untuk mengatasi bau mulut tak sedap. Rempah yang dimaksud adalah jahe, cengkeh, dan kayu manis.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menambahkan madu sebagai pemanis. Simak cara membuatnya berikut ini, dilansir briliobeauty.net dari akun TikTok @logamjawa, Selasa (30/7).

Bahan:

foto: TikTok/@logamjawa

- 1 bonggol jahe
- 1 batang kayu manis
- 1/4 sendok teh cengkeh
- 1 sendok makan madu
- 1 gelas air

Cara membuat:

foto: TikTok/@logamjawa

1. Kupas jahe lalu cuci dan iris-iris menjadi bagian yang lebih kecil
2. Tuangkan air pada panci kemudian masukkan jahe, kayu manis, dan cengkeh
3. Masak atau rebus sampai mendidih dan air berubah warna jadi kecokelatan
4. Matikan kompor lalu saring dan ambil airnya saja
5. Tuangkan pada gelas kemudian tambahkan madu
6. Aduk sampai madu larut dan diamkan hingga agak dingin
7. Minum ramuan atau jamu ini hingga habis
8. Konsumsi ramuan ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan mulut yang lebih sagar dan bebas bau.

Kandungan jahe untuk mengatasi bau mulut tak sedap

foto: TikTok/@logamjawa

Jahe telah lama dikenal karena berbagai manfaat kesehatannya, termasuk kemampuannya mengatasi bau mulut tak sedap. Salah satu alasan utamanya adalah sifat antioksidan dan antiinflamasi alami yang dimilikinya. Pasalnya, jahe mengandung senyawa seperti gingerol dan zingiberene yang memiliki efek antibakteri kuat.

Bakteri di dalam mulut sering kali menjadi penyebab utama bau mulut karena mereka menghasilkan senyawa sulfur yang tidak sedap. Jahe membantu mengurangi jumlah bakteri, sehingga mengurangi kemungkinan bau mulut yang tidak sedap.

Manfaat kayu manis untuk mengurangi bau mulut yang tidak sedap

Kayu manis memiliki beberapa sifat alami yang membuatnya efektif dalam mengatasi bau mulut tak sedap. Salah satu alasan utamanya adalah kandungan senyawa-senyawa aktif di dalamnya, seperti cinnamaldehyde dan eugenol, yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang kuat.

Senyawa-senyawa ini membantu mengurangi jumlah bakteri berbahaya di dalam mulut yang dapat menyebabkan bau tidak sedap. Dengan mengurangi populasi bakteri, kayu manis secara efektif mengontrol sumber bau mulut.

Cengkeh efektif mengatasi bau mulut yang tidak sedap

Cengkeh mengandung antifungal, antiseptik, dan antibakteri yang efektif mengurangi bakteri dan jamur di mulut. Kandungan antibakteri alami dalam cengkeh akan membasmi bakteri penyebab bau mulut sehingga nafas terasa lebih segar. Tak hanya itu saja, cengkeh juga efektif mengurangi pembentukan plak dan karang gigi penyebab bau mulut yang tidak sedap.

(brl/mal)