Tanpa pakai clay mask, wanita ini bagikan cara hilangkan komedo cuma pakai 1 jenis minyak

28 / 05 / 2024 10:10 WIB

Brilio.net - Masalah pada wajah yang membuat sejumlah orang risau tidak hanya jerawat dan kulit kusam saja. Munculnya komedo berwarna hitam ataupun putih pada hidung dan dagu juga membuat kamu khawatir. Pasalnya, komedo yang terkadang terlihat bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Layaknya jerawat, munculnya komedo juga disebabkan akibat sumbatan pada pori-pori kulit yang terjadi akibat penumpukan sel kulit mati, minyak, dan kotoran. Perlu kamu ketahui, kelenjar sebaceous yang terletak di dalam pori-pori kulit bertugas memproduksi sebum yaitu minyak alami kulit. Sebum berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit. Namun, produksi sebum yang berlebihan dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

Sementara itu, sel-sel kulit secara alami akan mati dan digantikan oleh sel kulit baru. Proses ini dikenal sebagai regenerasi kulit. Jika sel kulit mati tidak terangkat dengan baik, mereka dapat menumpuk di permukaan kulit dan menyumbat pori-pori.

Ketika sebum berlebih bercampur dengan sel kulit mati, terbentuklah sumbatan pada pori-pori kulit. Sumbatan ini bisa berada di permukaan kulit atau lebih dalam di dalam pori-pori.

Jika sumbatan ini berada di permukaan kulit dan terpapar udara, maka akan teroksidasi dan berubah warna menjadi hitam, membentuk komedo terbuka (blackhead). Jika sumbatan ini berada di bawah permukaan kulit dan tidak terpapar udara, maka akan tetap berwarna putih atau kekuningan, membentuk komedo tertutup (whitehead).

Nah, komedo hitam ini bisa kamu atasi dengan berbagai cara. Mulai dari perawatan di dokter kecantikan ataupun menggunakan clay mask. Selain itu, ada cara lain yang bisa kamu gunakan agar wajah bebas dari komedo. Salah satunya kamu bisa memakai trik yang dibagikan oleh beauty vlogger dengan akun Instagram @bronzedandbouje.

Lewat unggahan reels di akun pribadinya, ia memanfaatkan petroleum jelly. Petroleum jelly adalah bahan oklusif berupa minyak yang membentuk lapisan pelindung pada permukaan kulit untuk mencegah hilangnya kelembapan. Sifat ini membuatnya efektif dalam mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk komedo.

Penggunaan petroleum jelly dapat membantu melembutkan area kulit yang kasar, termasuk di sekitar komedo. Sementara itu, kulit yang terhidrasi dengan baik lebih mampu melawan iritasi dan peradangan yang bisa memperburuk komedo. Oleh karena itu, petroleum jelly membantu memperbaiki dan menjaga penghalang kulit.

Itulah manfaat dari petroleum jelly yang bisa kamu gunakan agar komedo hilang dari hidung dan dagu. Nah, penggunaan bahan ini bisa kamu gunakan dengan memanfaatkan jepitan rambut.

Penasaran dengan caranya? Yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari Instagram @bronzedandbouje, Selasa (28/5).

Bahan dan alat:

- Petroleum jelly
- Jepitan rambut lidi
- Wrapping film atau plastik penutup makanan.

Cara menggunakan:

foto: Instagram/@bronzedandbouje

1. Bersihkan wajah menggunakan face wash atau micellar water
2. Oleskan petroleum jelly pada hidung dan dagu secukupnya
3. Tutup menggunakan wrapping film
4. Usap dengan handuk yang sudah direndam air panas
5. Usapkan pada hidung dan dagu selama lima menit
6. Usapkan penjepit rambut pada hidung dan dagu untuk mengangkat komedo
7. Dengan menggunakan cara tersebut hidung dan dagu bebas komedo.

Bahan alami yang bisa menghilangkan komedo.

Bahan alami yang bisa menghilangkan komedo tidak hanya petroleum jelly saja. Ada bahan alami lainnya yang bisa kamu gunakan, seperti tea tree oil.

Melansir dari healthline.com, Selasa (28/5) tea tree oil memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi komedo dengan membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan.

Selain itu, madu juga bisa menghilangkan komedo. Bahan pemanis ini punya sifat antibakteri dan humektan yang membantu membersihkan pori-pori dan menjaga kelembapan kulit. Kemudian ada lidah buaya dengan sifat antiinflamasi yang mampu mengurangi peradangan dan menyembuhkan masalah kulit lainnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Bisma Faraz (@bronzedandbouje)