Tanpa peeling treatment, ini trik atasi kulit kusam akibat terbakar dan flek hitam pakai 1 jenis sayur

14 November 2023 17:11 WIB

Brilio.net - Telah menjadi pengetahuan umum, semakin banyak aktivitas yang dilakukan seseorang di luar ruangan, semakin sering pula mereka akan terpapar sinar matahari dan polusi. Kondisi di atas jelas dapat membuat orang yang mengalaminya merasa tidak nyaman. Pasalnya, panas matahari dan polusi dapat memicu banyak masalah kulit, mulai dari rasa perih terbakar hingga menggelapnya kulit akibat flek hitam.

Mengapa panas matahari dan polusi dapat memunculkan masalah kulit tersebut? Hal ini disebabkan sinar matahari mengandung gelombang sinar ultraviolet (UV). Tidak hanya menyebabkan rasa terbakar, sinar UV juga meningkatkan produksi melanin atau pigmen warna pada kulit (hiperpigmentasi).

Apabila kulit terkena panas dan polusi dalam waktu lama, tidak hanya akan menjadi kotor dan gosong kemerahan, namun juga berujung munculnya bercak gelap yang membuat wajah menjadi kusam.

Eits, walau begitu, kamu nggak perlu pusing jika dihadapkan pada kondisi tersebut. Soalnya, kamu bisa mencoba membuat racikan dari bahan alami sebagai solusi alternatif untuk mengatasinya.

Salah satu triknya adalah dengan memanfaatkan campuran wortel dan tepung maizena, sebagaimana diperagakan oleh pengguna akun Instagram @adanwaimo yang dilansir briliobeauty.net pada Selasa (14/11).

foto: freepik.com

Wortel adalah sayuran yang terkenal kaya akan kandungan vitamin. Seperti vitamin A yang berperan penting dalam menstimulasi proses regenerasi kulit, sehingga wajah menjadi terlihat lebih sehat.

Wortel juga mengandung antioksidan dari vitamin C dan vitamin E yang membantu mencerahkan noda gelap sekaligus melindungi kulit dari kerusakan eksternal. Senyawa vitamin K dalam wortel juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke area wajah sehingga akan membantu proses pemulihan kulit dari noda-noda hitam yang muncul.

foto: freepik.com

Tepung maizena merupakan jenis tepung dari pati jagung yang memiliki sifat eksfoliasi alami. Tepung ini dapat membantu proses regenerasi lapisan kulit mati dan memudahkan pergantian menuju kulit baru yang sehat dan cerah. Selain itu, pati jagung juga dapat membentuk lapisan pelindung di atas kulit sehingga membantu mengurangi risiko iritasi seperti terbakar dan mempercepat proses penyembuhan.

Kedua bahan di atas bisa kamu gunakan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1-2 buah wortel segar
2. 1/2 sendok teh tepung maizena
3. Wadah kecil
4. Alat parut

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@adanwaimo

1. Kupas dan parut 1-2 buah wortel menjadi buliran halus.
2. Setelahnya, peras wortel tersebut untuk mendapatkan airnya.
3. Masukkan 1 sendok makan ekstrak wortel tadi dalam wadah kecil.
4. Tambahkan 1/2 sendok teh tepung maizena setelahnya.
5. Aduk seluruh bahan di atas hingga tercampur rata.
6. Oleskan campuran ini ke wajah yang bersih secara menyeluruh sembari diusap lembut.
7. Diamkan hingga mengering selama beberapa saat (10 menit).
8. Setelahnya, bilas wajah hingga bersih dari residu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ada | Natural Beauty Tips | UGC (@adanwaimo)

(brl/jad)