Tanpa produk eksfoliasi, ini cara kecilkan pori-pori wajah agar tampak mulus pakai scrub dari 2 buah

21 Desember 2023 23:11 WIB

Brilio.net - Kulit wajah yang tampak halus dan mulus, menjadi impian bagi banyak wanita. Namun sayangnya, pori-pori wajah yang membesar ini terkadang membuat tampilan kulit terlihat kasar. Bahkan jika diperhatikan lebih dekat, kulit terlihat kusam, dan kurang terawat. Kondisi ini mungkin menjadi masalah utama bagi sejumlah orang.

Pori-pori wajah yang membesar ini bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama adalah produksi minyak yang berlebihan. Perlu kamu ketahui, ketika kelenjar minyak di kulit memproduksi terlalu banyak minyak atau sebum, pori-pori ini cenderung tersumbat. Kondisi inilah yang bisa mengakibatkan pori-pori wajah tampak lebih besar, dan berisiko berjerawat. Ini dikarenakan kotoran, dan sel-sel kulit mati yang terperangkap di dalamnya.

Tak hanya itu, faktor lain yakni paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan pori-pori membesar. Ini dikarenakan paparan sinar UV mampu merusak kolagen di dalam kulit.

Untuk mengecilkan pori-pori wajah adalah dengan membersihkan kulit secara rutin. Kamu bisa menggunakan produk pembersih dan eksfoliasi secara rutin. Ketika ingin melakukan eksfoliasi, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan di sekitar. Cara inilah seperti yang dilakukan oleh pengguna kanal YouTube Recommended presh tv yang memakai empat bahan yaitu jeruk, tomat, kayu manis, dan madu murni.

Jeruk kaya akan vitamin C yang baik untuk kulit. Namun, perlu diingat bahwa jeruk bersifat asam dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit, terutama jika kulit kamu sensitif atau jika jeruk digunakan dalam konsentrasi tinggi. Penggunaan jeruk pada masker dapat membantu menyegarkan kulit dan memberikan efek pembersihan.



Bahan berikutnya yang digunakan dalam masker ini adalah tomat. Buah satu ini memiliki kandungan berupa likopen, dan antioksidan yang bisa mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Tak hanya itu, buah ini juga bisa membersihkan pori-pori wajah.

Kemudian, adanya sifat antiinflamasi di dalam kayu manis bisa mengatasi kulit iritasi. Tak hanya itu, dilansir briliobeauty.net dari healthline, Kamis (21/12) sifat antioksidan di dalam bahan ini bisa membantu penyembuhan luka dan meningkatkan kadar kolagen pada kulit.

Sedangkan madu murni menjadi pelembap alami yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Kandungan antioksidan dan sifat antimikroba pada madu juga dapat bermanfaat bagi kulit.

Setelah mengetahui berbagai manfaat dan kandungan pada bahan-bahan di atas, apakah kamu tertarik untuk menggunakan masker tersebut? Bagi kamu yang tertarik menggunakannya, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube recommended presh tv, Kamis (21/12).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/Recommended presh tv

1. 1 Buah jeruk
2. 1 Buah tomat
3. 1 Sendok makan bubuk kayu manis
4. 1 Sendok makan madu murni.

Cara membuat:

foto: YouTube/Recommended presh tv

1. Parut terlebih dahulu kulit buah jeruk
2. Parut juga buah tomat
3. Masukkan parutan kulit jeruk pada mangkuk
4. Campurkan buah tomat dan aduk-aduk
5. Tuangkan bubuk kayu manis
6. Tambahkan dengan madu murni
7. Campurkan dengan perasan jeruk
8. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata
9. Tuangkan pada wadah baru, sembari disaring
10. Tambahkan dengan potongan wortel
11. Masker siap untuk kamu gunakan.

Cara menggunakan:

foto: YouTube/Recommended presh tv

1. Bersihkan wajah dan area leher terlebih dahulu
2. Usapkan masker pada wajah dan leher, dengan menggunakan potongan wortel
3. Diamkan masker tersebut kurang lebih 20 menit
4. Bilas masker tersebut dengan menggunakan air biasa
5. Keringkan memakai handuk ataupun tisu bersih
6. Ulangi masker ini kurang lebih dua kali dalam seminggu, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

(brl/far)