Tanpa putih telur, ini trik hempas komedo dan pori-pori besar hanya dalam sehari pakai 1 jenis minuman

21 Agustus 2023 23:59 WIB

Brilio.net - Pori-pori kulit merupakan kumpulan lubang pada permukaan kulit yang berfungsi sebagai saluran pengeluaran minyak dan keringat dari dalam tubuh. Pori-pori kulit berperan penting dalam proses menjaga keseimbangan suhu dan kelembapan kulit. Akan tetapi, pori-pori kulit ini dapat berubah menjadi biang masalah ketika lubang salurannya membesar dari biasanya.

Ya, kondisi pori-pori yang sehat seharusnya hanya terlihat kecil dan samar. Namun begitu, ketika kulit memproduksi sebum (minyak alami kulit) secara berlebihan, hal ini akan membuat pori-pori menyesuaikan ukurannya dengan membesar. Akibatnya, pori-pori yang membesar itu menjadi rentan tersumbat oleh kotoran dan sel kulit mati yang menempel di wajah. Nah, apabila terakumulasi dalam jumlah banyak, gumpalan penumpukan tersebut akan berubah menjadi masalah kulit lain seperti komedo.

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, komedo merupakan kondisi tersumbatnya pori-pori kulit oleh gumpalan sebum (minyak alami), sel kulit mati, dan debu. Berdasarkan jenisnya, komedo dapat dibagi menjadi 2 bagian, yaitu komedo terbuka (blackhead) dan komedo tertutup (whitehead).

Komedo terbuka memiliki tampilan yang gelap karena paparan udara yang mengoksidasi minyak dan sel kulit mati di dalam pori-pori. Sementara komedo tertutup tidak teroksidasi dan memiliki tampilan yang berwarna putih atau kulit. Bila tidak ditangani dengan baik, komedo berpotensi besar menimbulkan masalah lainnya pada kulit, termasuk di antaranya adalah jerawat.

Namun begitu, kamu yang menghadapi persoalan ini nggak perlu panik. Pasalnya, ada banyak bahan alami di luar sana yang bisa kamu manfaatkan sebagai solusi alternatif mengatasi kedua masalah ini. Salah satunya seperti menggunakan campuran teh hijau, air mawar, kunyit, dan tepung gram sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari akun Instagram @beautifulyoutips pada Senin (21/8)

foto: freepik.com

Teh hijau telah dikenal sejak lama karena kandungan antioksidannya yang tinggi dan manfaat bagi kesehatan kulit. Kandungan polifenol sebagai senyawa antioksidan alami membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga elastisitas kulit.

Selain itu, teh hijau juga memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengatasi peradangan pemicu pori-pori menjadi lebih besar dan tersumbat. Plus, kemampuan teh hijau untuk mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit dapat mengurangi kemungkinan terjadinya sumbatan pada pori-pori.

foto: freepik.com

Air dari bunga mawar mengandung sifat antiinflamasi dan antibakteri yang bermanfaat untuk membersihkan kulit dan mengurangi peradangan yang terkait dengan komedo. Plus, air mawar memiliki efek dalam menjaga keseimbangan pH kulit sehingga membantu mencegah produksi minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori.

foto: freepik.com

Selain digunakan sebagai bahan dasar saat memasak, bubuk kunyit juga memiliki manfaat luar biasa untuk kulit. Bumbu kunyit mengandung senyawa aktif bernama kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Senyawa ini membantu mengurangi peradangan pada kulit akibat jerawat, mengurangi produksi minyak berlebih, dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

foto: freepik.com

Di sisi lain, tepung gram memiliki sifat yang dapat menyerap minyak secara alami dan membersihkan kulit secara mendalam. Dengan kata lain, tepung gram juga membantu mengurangi peradangan dan mengontrol produksi sebum berlebih pada kulit wajah. Hal ini ke depannya akan membantu merapatkan dan membersihkan pori-pori sehingga bebas dari potensi komedo.

Nah, penggunaan keempat bahan ini bisa kamu lihat pada petunjuk di bawah berikut.

Alat dan bahan:

1. Air mawar secukupnya
2. 1 bungkus teh hijau
3. 1/2 sendok teh bubuk kunyit
4. 1 sendok teh tepung gram
5. Wadah kecil
6. Tisu secukupnya

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@beautifulyoutips

1. Tuangkan sedikit air mawar (sekitar 2 sendok makan) ke dalam sebuah wadah kecil.
2. Celup dan peras ekstrak dari 1 bungkus teh hijau ke dalam air mawar tersebut selama 5 menit.
3. Tambahkan 1/2 sendok teh bubuk kunyit dalam larutan air mawar dan teh hijau tadi.
4. Masukkan 1 sendok tepung gram setelahnya.
5. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata.

foto: Instagram/@beautifulyoutips

6. Aplikasikan campuran ini secara menyeluruh di wajah yang telah dibersihkan sebelumnya.
7. Setelah itu, tempelkan beberapa lembar tisu di atas wajah yang telah dibaluri campuran tadi.
8. Biarkan hingga mengering (atau selama sekitar 15 menit).
9. Bila dirasa cukup, angkat tisu tersebut dan bersihkan wajah dengan air hinga bersih

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by (@beautifulyoutips)

(brl/jad)