Tanpa putih telur, TikToker ini bagikan cara angkat komedo di wajah pakai 2 bahan dapur

8 Mei 2024 11:10 WIB

Brilio.net - Setiap orang pasti pernah mengalami beberapa permasalahan kulit wajah yang cukup mengganggu penampilan. Seperti halnya jerawat, flek hitam, hingga komedo - benjolan kecil yang muncul pada pori-pori kulit dan umumnya menjadi jerawat jika tidak ditangani dengan baik. Sederhananya, komedo di pipi adalah jenis jerawat yang belum meradang.

Masalah kulit wajah ini ternyata tak hanya muncul di hidung saja lho, karena juga bisa muncul di area wajah lain seperti dahi, dagu, hingga pipi. Selain menurunkan rasa percaya diri, komedo di area wajah dapat mengganggu penampilan.

Kondisi ini disebabkan karena tersumbatnya pori-pori akibat minyak alami kulit atau sebum yang bercampur dengan kotoran - sel kulit mati yang menumpuk, debu, polusi, hingga sisa makeup yang tak dibersihkan dengan baik. Kotoran dan minyak ini akan menyumbat pori-pori dan menjadi tempat berkembangnya bakteri. Oleh karena itu, komedo adalah cikal bakal penyebab jerawat yang meradang.

Komedo sering kali dianggap mengganggu penampilan karena dapat membuat kulit wajah terasa kasar, bertekstur, dan memiliki warna tidak merata. Tak heran jika banyak orang mencari cara untuk mengatasi masalah kulit wajah ini. Mulai dari melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk penghilang komedo atau yang disebut dengan pore pack, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Salah satu bahan alami yang sering dimanfaatkan untuk mengatasi komedo di wajah adalah putih telur. Bahan ini memang efektif untuk mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori wajah. Namun sayangnya, putih telur dapat membuat wajah kering jika digunakan secara terus menerus. Tak hanya itu saja, baunya yang agak amis juga dapat membuat beberapa orang kurang nyaman menggunakan bahan ini.

Solusi lainnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami lain seperti yang dibagikan oleh seorang TikToker melalui akun pribadinya @beautytips0.2, yang memakai 2 bahan dapur, yakni tomat dan tepung beras.

Angkat komedo di wajah pakai 2 bahan dapur
TikTok/@beautytips0.2

Kandungan tomat untuk mengangkat komedo membandel di wajah.

Tomat mengandung antioksidan dan berbagai vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Seperti menghilangkan komedo dan mengecilkan pori-pori wajah. Buah warna merah yang kerap dijadikan lalapan ini memiliki enzim dan vitamin yang baik untuk eksfoliasi kulit, sehingga mampu mengangkat kotoran penyebab komedo.

Tomat juga mengandung sedikit asam karena kadar potasium dan vitamin C yang tinggi. Kandungan nutrisi pada tomat tersebut dapat mengubah wajah kusam menjadi bercahaya secara alami. Tomat juga bertindak sebagai astringen alami yang bermanfaat untuk membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah, mengencangkan pori-pori, dan mengurangi komedo sehingga membantu mencegah munculnya jerawat.

Manfaat tepung tepung beras untuk menghilangkan kotoran penyebab komedo.

Tepung beras adalah bahan alami yang juga memiliki beragam manfaat untuk merawat kecantikan kulit lho. Dilansir dari Healthline, tepung beras punya tekstur halus yang cocok untuk digunakan sebagai scrub alami. Tepung beras juga efektif membersihkan pori-pori tersumbat dan mengurangi kotoran penyebab komedo. Bahan alami ini bahkan ampuh mengatasi wajah kusam dan kasar jadi cerah sekaligus halus.

Mengandalkan dua bahan dapur tersebut, kamu bisa membuat scrub wajah yang dipercaya efektif untuk mengatasi masalah komedo yang membandel di wajah. Penggunaannya yang teratur juga akan membuat wajah halus dan cerah merata. Ini cara membuat dan menggunakannya, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @beautytips0.2, Rabu (8/5).

Angkat komedo di wajah pakai 2 bahan dapur
TikTok/@beautytips0.2

Bahan:

- 1/2 buah tomat segar
- 1 sendok teh tepung beras

Cara membuat dan menggunakan:

1. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan bersih dari kotoran serta sisa makeup
2. Taburkan tepung beras diatas potongan tomat
3. Gosokkan scrub tersebut pada wajah secara menyeluruh
4. Lakukan dengan gerakan memutar, khususnya di area yang banyak terdapat komedo
5. Gosok selama 3-4 menit
6. Diamkan selama 10 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih
7. Lanjutkan dengan menggunakan pelembap
8. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah mulus bebas komedo.

Angkat komedo di wajah pakai 2 bahan dapur
TikTok/@beautytips0.2

(brl/ola)