Tanpa rose water, ini cara kencangkan kerutan di wajah agar awet muda pakai 1 jenis kacang-kacangan

13 November 2023 15:10 WIB

Brilio.net - Hampir semua orang menginginkan wajah yang tetap kencang dan awet muda. Sayangnya, saat umur bertambah dan seseorang mulai menua, wajah juga akan tampak menua. Kondisi ini umumnya dialami ketika seseorang memasuki usia 35 tahun. Wajah akan mulai muncul kerutan, garis halus, dan keriput.

Adanya kerutan di wajah akan semakin tampak jika seseorang berekspresi. Seperti tersenyum, mengernyitkan dahi, menyipitkan mata, dan tertawa. Hal ini dikarenakan saat usia semakin bertambah, komponen kulit yang terdiri dari elastin dan kolagen juga akan menurun.

Padahal kedua komponen tersebut berperan penting dalam menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Proses regenerasi kulit juga mulai melambat, sehingga kulit akan sulit melakukan perbaikan. Selain proses penuaan, kerutan di wajah juga dipicu oleh beberapa faktor lain. Seperti paparan sinar matahari yang berlebih, kelelahan, kurangnya perawatan wajah, gaya hidup, dan faktor genetik.

Adanya kerutan di wajah memang hal yang umum, namun kondisi ini cukup menurunkan kepercayaan diri seseorang. Jadi tak heran jika banyak yang mencari cara untuk mengencangkan kerutan dan bikin wajahnya awet muda. Ada yang melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan skincare antiaging, hingga perawatan menggunakan bahan-bahan alami.

Seperti yang dilakukan pemilik akun TikTok @diy_bodycare. Namun bukannya menggunakan rose water yang biasa dipakai untuk atasi masalah ini, pemilik akun justru memakai 1 jenis kacang-kacangan. Kacang-kacangan yang dimaksud adalah kacang hijau. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu beras dan telur.

"Masker Wajah Untuk Mengatasi Jerawat & Kerutan," katanya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @diy_bodycare, Senin (13/11).

foto: freepik.com

Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang biasanya dijadikan bubur. Rasanya yang lezat, tinggi serat serta vitamin, membuat kacang hijau menjadi makanan favorit banyak orang. Selain baik untuk kesehatan tubuh, kacang hijau ternyata juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit lho.

Salah satunya adalah mengatasi kerutan pada kulit. Vitamin A dalam kacang hijau membantu menyediakan antioksidan, karotenoid, dan flavonoid yang bermanfaat untuk mencegah tanda penuaan. Kandungan ini juga membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah munculnya kerutan dan keriput.

Beras juga umum digunakan untuk merawat kecantikan wajah. Tak terkecuali untuk mengencangkan kulit dan mengurangi tampilan kerutan wajah. Ini berkat kandungan antioksidan yang dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan memperlambat tanda-tanda penuaan. Kandungan vitamin E dalam beras juga diketahui mampu merangsang pembentukan kolagen. Hal ini yang akan membuat kulit tetap kencang.

Pun dengan telur yang dipercaya memiliki kandungan vitamin A yang sangat ampuh mengurangi kerutan di wajah dan menyamarkan garis halus, serta bisa mencegah timbulnya kerutan dan menangkal radiasi sinar UV.

foto: TikTok/@diy_bodycare

Ketiga bahan tersebut bisa kamu jadikan sebagai masker wajah yang ampuh mengurangi tampilan kerutan di wajah. Wajahmu juga akan tampak kencang, bebas jerawat, dan cerah. Begini cara membuat dan mengaplikasikannya.

Bahan:

1. Kacang hijau secukupnya
2. Beras secukupnya
3. 1 butir telur

foto: TikTok/@diy_bodycare

Cara membuat dan mengaplikasikan:

1. Cuci kacang hijau dan beras sampai benar-benar bersih.
2. Tuangkan kacang hijau dan beras pada blender dengan perbandingan 1:1.
3. Blender kedua bahan tersebut sampai menjadi seperti bubuk.
4. Ambil 2 sendok makan bubuk dari kedua bahan tersebut pada mangkuk.
5. Tambahkan telur kemudian aduk sampai tercampur merata.
6. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan benar-benar bersih.
7. Aplikasikan masker wajah buatanmu pada wajah secara menyeluruh.
8. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat dan dilanjutkan dengan air dingin.
9. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer.
10. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang kencang.

(brl/jad)