Tanpa scaling, YouTuber ini hilangkan gigi kuning pakai 2 bahan dapur

17 / 05 / 2024 10:45 WIB

Brilio.net - Gigi putih dan bersih sering dianggap sebagai tanda kebersihan diri dan kesehatan yang baik bagi setiap orang. Tampilan gigi yang cerah dan berseri juga membuat senyum kamu menjadi lebih menarik di depan lawan bicara.

Namun bagaimana jadinya jika dalam senyuman itu terselip beberapa warna gigi menguning? Mungkin hal tersebut membuat sejumlah orang yang melihatnya merasa risih atau bahkan jijik. Tentunya kondisi tersebut tidak ingin terjadi pada kamu kan?

Perubahan warna gigi kuning ini bisa terjadi disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Mengonsumsi makanan dan minuman seperti kopi, teh, dan makanan yang berwarna terang dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi. Zat pewarna alami maupun buatan dalam makanan dan minuman ini bisa menempel pada enamel gigi, sehingga menyebabkan noda yang sulit dihilangkan.

Makanan dan minuman yang bersifat asam, seperti soda dan buah jeruk, dapat mengikis enamel gigi. Ketika enamel terkikis, dentin yang berwarna lebih kuning dan terletak di bawah enamel menjadi lebih terlihat.

Selain itu, gigi kuning juga bisa terjadi karena kebiasan merokok. Rokok mengandung nikotin dan tar yang dapat menempel pada gigi, menyebabkan noda kuning kecokelatan. Kebiasaan merokok dalam jangka panjang akan membuat noda ini semakin sulit dihilangkan.

Tak hanya itu, kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik juga bisa menyebabkan terjadinya penumpukan plak. Hal ini di kemudian hari bisa mengeras menjadi karang gigi, sehingga membuat gigi tampak kuning.

Agar senyuman kamu kembali cerah dengan tampilan gigi bersih bebas noda kuning, kamu perlu melakukan treatment ekstra. Tanpa pergi scaling, kamu bisa lho menghilangkan gigi kuning hanya memanfaatkan bahan di dapur. Langkah ini seperti yang ditunjukkan YouTuber dengan kanal YouTube @crasehari-hari6926.

Lewat unggahan short video yang berdurasi beberapa menit, ia tampak menggunakan dua bahan dapur yaitu perasan lemon dan garam. Kemudian mengkombinasikan dengan pasta gigi. Kedua bahan ini lantas punya manfaatnya masing-masing.

Dilansir dari onlymyhealth.com, Jumat (17/5) lemon mengandung asam sitrat yang memiliki sifat pemutih alami. Asam sitrat dapat membantu menghilangkan noda pada gigi dengan cara menguraikan senyawa yang menyebabkan noda.

Namun, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Pertama yaitu asam sitrat dalam lemon bisa efektif dalam memutihkan gigi dengan penggunaan yang tepat dan hanya digunakan beberapa kali saja.

Hal kedua yang perlu kamu perhatikan adalah keasaman yang tinggi dari lemon dapat mengikis enamel gigi jika digunakan terlalu sering atau tanpa dilusi. Enamel adalah lapisan pelindung utama gigi, dan kerusakannya bisa menyebabkan gigi menjadi sensitif dan lebih rentan terhadap kerusakan dan pembusukan.

Sementara garam memiliki sifat abrasif ringan yang bisa membantu dalam menghilangkan noda pada permukaan gigi. Selain itu, garam memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu menjaga kebersihan mulut.

Seperti halnya perasan lemon, penggunaan garam yang berlebihan atau terlalu sering bisa merusak enamel gigi. Oleh karena itu, gunakan garam secukupnya saja dan pada saat menyikat jangan terlalu kuat. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi iritasi pada gusi.

Kandungan asam bantu hilangkan bau mulut.

Manfaat dari lemon tidak hanya untuk hilangkan noda kuning pada gigi, melainkan ampuh atasi bau mulut. Hal ini dikarenakan lemon punya kandungan asam sitrat yang merangsang air liur. Melansir dari onlymyhealth, kandungan asam sitrat bantu membersihkan partikel makanan dan bakteri penyebab bau mulut.

Itulah sejumlah manfaat yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan gigi kuning. Lantas bagaimana cara membuat dna menggunakan bahan-bahan di atas? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum kanal YouTube @crasehari-hari6926, Jumat (17/5).

Bahan:

foto: YouTube/@crasehari-hari6926

- 1 sendok teh garam
- 1/2 perasan buah lemon
- 1 siung bawang putih

Cara membuat:

foto: YouTube/@crasehari-hari6926

1. Siapkan wadah kecil
2. Masukkan perasan lemon
3. Tambahkan garam dan parutan bawang putih
4. Campurkan dengan pasta gigi secukupnya
5. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
6. Ramuan siap kamu gunakan.

Cara menggunakan:

foto: YouTube/@crasehari-hari6926

1. Ambil ramuan secukupnya
2. Gunakan untuk menyikat gigi selama beberapa menit
3. Kumur menggunakan air bersih
4. Ulangi cara ini cukup tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan gigi putih bebas kuning.