Tanpa serum dark spot, wanita ini pudarkan noda hitam di wajah cuma pakai 1 air bekas bahan makanan

5 Februari 2024 17:11 WIB

Brilio.net - Munculnya noda gelap di wajah merupakan salah satu masalah kulit yang sering mengganggu penampilan banyak orang. Tak hanya membuat warna wajah jadi tidak merata, noda gelap di wajah tentunya juga menghambat proses kulit wajah jadi cerah berseri. Ada dua faktor utama yang menjadi penyebab munculnya noda gelap di wajah, yakni sinar matahari dan bekas jerawat.

Noda hitam yang dipicu oleh sinar matahari dikenal dengan nama flek hitam. Bentuknya berupa kumpulan titik hingga bercak gelap yang muncul di beberapa area wajah dengan warna lebih gelap daripada kulit asli. Munculnya flek hitam ini disebabkan sinar matahari memiliki gelombang UVB yang merangsang sel melanosit di kulit untuk menghasilkan lebih banyak melanin, alias pigmen warna kulit.

Penumpukan ini kemudian akan muncul sebagai flek di permukaan kulit, sehingga memberi kesan kusam.Tak hanya itu, noda gelap di wajah juga bisa disebabkan oleh peradangan jerawat. Bekas jerawat ini muncul karena kerusakan jaringan kulit akibat jerawat yang memunculkan luka di dalam kulit. Dalam prosesnya, ketika sel-sel kulit baru tumbuh untuk memperbaiki kerusakan tersebut, hal tersebut justru dapat membawa kandungan melanin berlebihan.

Alhasil, timbullah bekas kehitaman di tempat jerawat tersebut, yang dalam istilah medis dikenal dengan nama PIH (post inflammatory hyperpigmentation). Meski hal yang normal, namun bagi sebagian orang, timbulnya noda hitam di wajah ini cukup menganggu. Untuk memudarkan noda hitam tersebut, ada banyak pilihan yang bisa dilakukan. Mulai dari penggunaan skincare yang tepat atau perawatan di klinik kecantikan.

Namun selain itu, kamu bisa mencoba mengatasi masalah tersebut dengan memanfaatkan bahan alami yang tak kalah ampuh dari penggunaan serum. Salah satu bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda hitam ini adalah campuran air beras, sebagaimana dibagikan oleh @ashus_mantra di Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Senin (5/2).

foto: freepik.com

Dilansir dari Clinikally, air dari beras kaya akan vitamin B kompleks, asam amino, mineral, dan antioksidan yang membantu memperbaiki kerusakan sel kulit akibat pigmentasi. Selain itu, ferulic acid yang terkandung dalam air beras memiliki peran penting sebagai agen pencerah kulit. Bahkan, kandungan tersebut juga efektif dalam melawan radikal bebas dan meredakan peradangan pada kulit.

Dengan kandungan-kandungan tersebut, membuat air beras mampu menghambat produksi melanin, sehingga dapat mengurangi risiko kulit gelap akibat noda hitam yang muncul. Untuk memanfaatkan bahan di atas, kamu bisa melakukan langkah sederhana berikut ini.

Alat dan bahan:

1. Beras secukupnya
2. Larutan gliserin (opsional)
3. Kapsul vitamin E (opsional)
4. Botol spray kosong

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@ashus_mantra

1. Ambil sedikit beras dan cucilah sebanyak 2 kali.
2. Setelahnya, rendam beras tersebut dalam sedikit air bersih selama semalaman.
3. Keesokannya, haluskan beras beserta airnya hingga merata menggunakan blender.
4. Saring air beras tersebut dalam sebuah wadah, dan tambahkan sedikit gliserin dan vitamin E (opsional).
5. Tuangkan larutan ini dalam botol spray kosong, lalu masukkan dalam kulkas untuk memberi efek dingin.
6. Aplikasikan air beras ini sebagai toner atau facemist secara rutin setiap hari.
7. Simpan kembali dalam kulkas agar bisa digunakan dalam waktu lebih lama (3-4 hari).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ashu's Mantra (@ashus_mantra)

(brl/mal)