Tanpa serum pemutih, ini trik cerahkan wajah kusam bernoda gelap pakai 1 jenis buah

8 Desember 2023 17:10 WIB

Brilio.net - Secara umum, kulit yang kusam merupakan gambaran bagi wajah yang kurang cerah dan tampak kurang segar. Keadaan ini umumnya timbul akibat penumpukan kotoran di kulit yang disebabkan debu, polusi, dan paparan sinar matahari setelah beraktivitas. Jika tidak dibersihkan dengan benar, penumpukan kotoran tersebut akan menghilangkan kilau alami kulit.

Kondisi kulit kusam seringkali diiringi oleh munculnya noda seperti flek hitam, yaitu bercak gelap pada kulit. Faktor paparan sinar UV dari matahari berkaitan erat dengan permasalahan ini, karena sinar tersebut dapat merangsang produksi pigmen warna (melanin) pada kulit menjadi lebih cepat. Pigmen warna inipun kemudian menumpuk dan perlahan muncul sebagai bintik hingga bercak kehitaman di permukaan kulit.

Selain flek, noda hitam pada kulit juga dapat berasal dari masalah jerawat. Hal ini terjadi karena jerawat bisa meninggalkan bekas dalam bentuk noda kecokelatan atau PIH (post-inflammatory hyperpigmentation). Kasus ini muncul karena proses peradangan jerawat dapat merusak jaringan kulit, dan sel-sel kulit baru yang tumbuh untuk memperbaiki kerusakan tersebut dapat mengandung melanin berlebih.

Proses tersebutlah yang membuat bekas jerawat menyebabkan noda gelap terlihat pada kulit. Untuk menghindari kondisi kulit di atas, kamu nggak perlu ribet sampai melakukan perawatan mahal. Pasalnya, ada bahan-bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk memudarkan noda hitam tersebut. Salah satunya seperti yang dibagikan akun Instagram @glamitup_bysehar di Instagram.

Dilansir briliobeauty.net pada Jumat (8/12), cara yang ditunjukkan cukup simpel banget, karena kamu cukup menggunakan pisang dan bahan tambahan seperti susu dan kulit jeruk. Pisang mengandung senyawa bioaktif yang kaya akan enzim dan antioksidan, seperti vitamin C dan lutein.

foto: freepik.com

Tidak hanya membantu mengurangi produksi melanin berlebih pada kulit, kandungan ini juga berfungsi melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan menyebabkan hiperpigmentasi terjadi. Selain itu, enzim di dalam kulit pisang dapat membantu mengangkat kotoran dengan baik, sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan segar.

foto: freepik.com

Susu merupakan minuman bernutrisi yang memiliki banyak manfaat sebagai perawatan kulit. Susu mengandung asam laktat, sejenis asam alfa-hidroksi (AHA) yang membantu mengangkat lapisan sel kulit mati dengan lembut dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. Kandungan ini membuat susu efektif dalam membantu proses meratakan warna kulit, sehingga mengurangi penampilan flek hitam dan mencerahkan wajah dari kesan kusam.

foto: freepik.com

Sama seperti daging buahnya, kulit jeruk juga memiliki banyak manfaat bagi kulit. Kulit jeruk mengandung senyawa seperti hesperidin dan pektin yang dapat membantu mencerahkan kulit. Selain itu, senyawa-senyawa ini memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mencegah produksi melanin berlebih sehingga kulit tidak terlihat kusam.

Ketiga bahan di atas bisa kamu gunakan dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Alat dan bahan:

1. 1 buah pisang
2. 1 sendok makan bubuk kulit jeruk
3. Susu murni secukupnya
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@glamitup_bysehar

1. Keringkanlah beberapa kulit jeruk, lalu blender hingga membentu bubuk halus
2. Masukkan 1 sendok makan bubuk kulit jeruk itu dalam wadah kecil
3. Kupas 1 buah pisang, lalu haluskan 1/2 bagiannya ke dalam wadah tadi pula
4. Tuangkan pula sedikit susu murni setelahnya
5. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata, lalu oleskan ke wajah sembari dipijat lembut
6. Diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas hingga bersih dari residunya
7. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by SEHAR (@glamitup_bysehar)

(brl/mal)