Tanpa serum retinol, beauty vlogger ini bagikan cara pudarkan flek hitam pakai 1 jenis tanaman laut

13 / 05 / 2024 04:00 WIB

Brilio.net - Kulit yang bersih, cerah, dan merata seringkali dianggap sebagai standar kecantikan bagi sejumlah orang. Tak heran jika banyak orang yang ingin punya kulit bersih dan bebas flek hitam. Namun sayangnya, masalah flek hitam atau hiperpigmentasi terkadang bisa menghantui sejumlah wanita. Munculnya flek hitam pada beberapa area wajah bisa memengaruhi kepercayaan diri hingga merasa tidak nyaman.

Flek hitam, juga dikenal sebagai hiperpigmentasi, adalah kondisi ketika area kulit menjadi lebih gelap dari warna kulit sekitarnya. Kondisi ini terjadi ketika sel-sel kulit yang disebut melanosit menghasilkan melanin (pigmen warna) dalam jumlah berlebih. Hiperpigmentasi dapat muncul dalam berbagai bentuk, termasuk bintik-bintik, noda, atau flek yang lebih besar.

Penyebab utamanya berasal dari paparan sinar matahari secara berlebihan yang merangsang produksi melanin oleh melanosit, sehingga menyebabkan terbentuknya flek hitam. Terutama pada area kulit yang mudah terpapar sinar matahari secara langsung, seperti wajah, lengan, dan leher.

Penyebab lainnya berasal dari proses penuaan kulit yang terjadi seiring bertambahnya usia. Pada fase ini, produksi melanin dalam kulit cenderung meningkat yang berujung pada munculnya flek hitam. Penuaan kulit juga dapat membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan akibat paparan sinar UV.

Cara utama untuk mencegah flek hitam adalah menggunakan sunscreen atau sunblock. Kedua produk skincare tersebut bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sehingga akan mencegah munculnya tanda penuaan seperti flek hitam.

Selain sunscreen dan sunblock, beberapa orang menggunakan serum retinol. Namun kandungan aktif dalam retinol terkadang tidak cocok untuk semua jenis kulit. Untuk itu, kamu juga bisa menghilangkan flek hitam dengan mengaplikasikan perawatan topikal seperti masker yang terbuat dari bahan alami.

Beauty enthusiast bernama Puspita Kumala juga melakukan hal yang sama. Dalam unggahan video pendek di Instagramnya ia memanfaatkan rumput laut dikombinasikan dengan biji habbatussauda dan madu murni. Disebutkan, manfaat dari kombinasi tiga bahan tersebut bisa bantu melembapkan kulit kering dan hilangkan flek hitam.

Rumput laut yang juga dikenal sebagai daun laurel memiliki sifat antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidan yang dapat merawat kulit. Dilansir dari recorderonline.com, Minggu (12/5) kandungan antioksidan dalam rumput laut membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit yang dapat menyebabkan flek hitam. Sifat antibakteri dan antiinflamasi rumput laut bisa mengurangi peradangan pada kulit dan meminimalkan risiko jerawat serta flek hitam yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Wajah bebas flek hitam dan lembap dengan madu.

Madu telah lama digunakan dalam perawatan kulit karena kandungan antioksidan, antibakteri, dan sifat-humektan (melembapkan) yang dimilikinya. Madu memiliki sifat pembersih yang lembut sehingga bisa mengangkat kotoran serta sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan penyebab flek hitam. Kandungan humektan dalam madu membantu menjaga kelembapan yang penting untuk memperbaiki kerusakan kulit dan meminimalkan penampilan flek hitam.

Kandungan asam lemak omega-3 habbatussauda bantu cerahkan flek hitam.

Biji habbatussauda atau black seed, merupakan sumber nutrisi yang kaya akan antioksidan, asam lemak omega-3, dan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan antiinflamasi dalam biji habbatussauda dapat mengurangi peradangan, mengurangi kemerahan, dan iritasi yang terkait dengan flek hitam. Asam lemak omega-3 dalam biji habbatussauda akan memperbaiki kerusakan kulit dan merangsang regenerasi sel-sel kulit baru, yang dapat memudarkan flek hitam.

Dengan menggunakan bahan-bahan di atas, wajah jadi sehat dan bebas flek hitam. Lantas bagaimana cara membuat masker untuk hilangkan flek hitam? Yuk simak tutorialnya yang dilansir briliobeauty.net dari akun Instagram @puspitakumala, Minggu (12/5).

Bahan:

foto: Instagram/@puspitakumala

- Rumput laut kering (seamoss)
- 1 sendok makan biji habatussauda
- 1 sendok makan madu murni

Cara membuat:

foto: Instagram/@puspitakumala

1. Rendam rumput laut selama 10 menit.
2. Cuci bersih rumput laut hingga garam hilang.
3. Masukkan ke dalam blender.
4. Tambahkan biji habbatussauda.
5. Tuangkan air putih secukupnya.
6. Haluskan semua bahan dan tuangkan masker pada mangkuk.
7. Tambahkan madu dan aduk kembali.
8. Masker siap untuk kamu gunakan.

Cara menggunakan:

foto: Instagram/@puspitakumala

1. Oleskan pada wajah yang sudah kamu bersihkan.
2. Tunggu selama 15 hingga 20 menit.
3. Bersihkan masker menggunakan air biasa.
4. Keringkan wajah dengan tisu.
5. Gunakan masker ini secara rutin agar kamu mendapatkan manfaatnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Puspita Kumalasari (@puspitakumala_)