Tanpa serum retinol, ini trik bikin wajah awet muda tanpa kerutan dengan facial pakai 1 jenis minuman

19 November 2023 06:00 WIB

Brilio.net - Tampil dengan kulit kencang di usia yang tak muda lagi memang menjadi dambaan kebanyakan orang. Namun, mendapatkan wajah awet muda bukanlah perkara mudah. Seiring bertambahnya usia, perubahan pun terlihat jelas, terutama pada bagian kulit wajah, seperti keriput di wajah.

Penuaan merupakan proses yang menandai penurunan fungsi seluruh organ tubuh. Kondisi ini kemudian membawa konsekuensi signifikan pada perubahan penampilan dan struktur kulit setiap orang. Kulit yang awalnya terlihat kenyal dan lembut lama-kelamaan akan mengalami penurunan kekuatan dan elastisitas, sehingga menjadi kendur dan penuh kerutan.

Apa penyebab di balik perubahan ini? Selain faktor usia, paparan panas matahari juga kerap menjadi biang yang mempercepat proses penuaan. Sinar matahari memiliki gelombang ultraviolet yang dapat mengurangi kelembapan dan merusak lapisan skin barrier yang dipertahankan oleh kolagen dan elastin. Dampaknya, kulit terasa kering, iritasi, dan mengalami proses pengerutan seiring waktu.

Namun begitu, kamu nggak perlu khawatir kok. Soalnya, ada cara sederhana dengan memanfaatkan bahan alami yang bisa kamu lakukan sebagai solusi alternatif mengatasi masalah di atas, seperti yang dibagikan akun Instagram @farahdhukai, dilansir briliobeauty.net pada Sabtu (18/11).

Trik sederhana yang dibagikan adalah dengan memanfaatkan campuran teh hibiscus dan bubuk agar-agar.

tanpa kerutan dengan facial
freepik.com

Teh hibiscus merupakan varian teh yang mengandung antioksidan tinggi seperti flavonoid dan asam organik. Senyawa-senyawa ini dapat membantu melawan efek negatif radikal bebas yang berkontribusi pada penuaan. Selain itu, teh hibiscus juga dikenal dapat merangsang produksi kolagen, sehingga bagus dalam meningkatkan elastisitas kulit dan memudarkan tanda-tanda penuaan di wajah.

tanpa kerutan dengan facial
freepik.com

Bubuk agar-agar, yang dikenal sebagai pengental alami, pada dasarnya mengandung komponen alga merah dan marine collagen. Kandungan senyawa ini membantu memperkuat struktur kulit dan menjaga kelembapan dengan menstimulasi pembentukan kolagen, sehingga dapat membantu mengembalikan kelembutan kulit dan mengurangi kerutan. Selain itu, bubuk agar-agar juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan pada kulit.

Kamu bisa menggunakan kedua bahan di atas dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 2 bungkus teh hibiscus
2. 2 sendok makan bubuk agar-agar
3. 2 gelas kecil air bersih
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

tanpa kerutan dengan facial
Instagram/@farahdhukai

1. Rebus 2 gelas kecil air bersih di atas kompor
2. Masukkan 2 bungkus teh hibiscus setelahnya, lalu seduh hingga berubah warna
3. Saat masih direbus, tambahkan 2 sendok makan bubuk agar-agar
4. Setelah teksturnya agak mengental, matikan api dan biarkan sedikit mendingin dalam wadah baru
5. Oleskan racikan ini dengan tebal sebagai masker ke wajah yang bersih secara merata
6. Diamkan hingga mengering dan berbentuk jeli (10-15 menit)
7. Setelahnya, angkat maskernya secara perlahan dan bilas residu hingga bersih
8. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Farah Dhukai (@farahdhukai)

(brl/ola)