Tanpa suntik botoks, wanita ini unggah trik kencangkan wajah kendur pakai kunyit dan 2 bahan dapur

11 / 06 / 2024 20:10 WIB

Brilio.net - Kulit kendur adalah tanda penuaan yang muncul saat seseorang memasuki usia senja. Kondisi ini biasanya akan disertai dengan tanda penuaan lain seperti kerutan, garis halus, hingga keriput. Tanda penuaan ini akan sangat terlihat di area wajah. Pasalnya, wajah memiliki kulit yang tipis dan rentan terpapar radikal bebas.

Kondisi kulit yang mengendur ini terjadi karena adanya penurunan produksi kolagen dan elastin pada jaringan kulit, yang menyebabkan kulit kehilangan kemampuan untuk menjaga kekencangannya. Kulit kendur bisa semakin parah jika pola hidup yang dijalani tidak sehat, seperti jarang olahraga, kelelahan, merokok, mengonsumsi makanan berlemak, hingga faktor kurang tidur.

Jika berhubungan dengan penuaan, maka hal yang bisa kamu lakukan adalah memperlambat kulit kendur dengan perawatan kecantikan yang tepat. Salah satu perawatan atau treatment kecantikan yang kerap dilakukan untuk mengatasi masalah wajah kendur adalah suntik botoks.

Suntik botoks memang menjadi solusi efektif untuk membuat wajah jadi tampak lebih kencang. Meski begitu, treatment ini membutuhkan biaya yang tak sedikit, sehingga tak semua orang bisa melakukannya. Nah, solusi lainnya kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami seperti yang diunggah oleh seorang wanita melalui akun TikTok pribadinya @jessdotsanchez.

Kencangkan wajah kendur pakai kunyit dan 2 bahan dapur
TikTok/@jessdotsanchez

Melalui unggahannya tersebut, wanita itu menggunakan kunyit dan 2 bahan dapur untuk mengencangkan wajah kendur, yakni putih telur dan rice paper. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya berikut ini, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @jessdotsanchez, Selasa (11/6).

Bahan:

- 1 butir putih telur
- 1 sendok teh bubuk kunyit
- Rice paper secukupnya

Kencangkan wajah kendur pakai kunyit dan 2 bahan dapur
TikTok/@jessdotsanchez

Cara membuat dan menggunakan:

1. Pecahkan telur dan ambil bagian putihnya saja
2. Tambahkan bubuk kunyit lalu aduk keduanya sampai tercampur merata
3. Potong-potong rice paper sesuai bentuk wajah
4. Celupkan rice paper pada campuran telur dan kunyit
5. Tempelkan rice paper pada wajah dan leher secara menyeluruh
6. Diamkan selama 15-20 menit
7. Lepaskan rice paper dengan mengelupasnya secara perlahan
8. Bilas menggunakan air sampai bersih
9. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
10. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Kencangkan wajah kendur pakai kunyit dan 2 bahan dapur
TikTok/@jessdotsanchez

Kandungan kunyit untuk mengatasi wajah kendur.

Dilansir dari laman Healthline, kunyit mengandung kurkumin dan antioksidan yang tinggi. Berkat kandungan tersebut kunyit efektif mengatasi tanda-tanda penuaan di wajah, terutama kulit kendur. Antioksidan dan kurkumin di dalam kunyit juga mampu mengurangi tampilan keriput di wajah. Rempah berwarna kuning ini juga mampu meningkatkan produksi kolagen, sehingga wajah jadi lebih kencang dan awet muda.

Manfaat putih telur untuk mengencangkan wajah.

Putih telur mengandung protein dan albumin yang diklaim dapat mengencangkan kulit kendur. Kandungan vitamin A di dalamnya juga efektif mengurangi keriput dan mencegah kerusakan kulit. Tak hanya itu saja, manfaat putih telur lainnya juga dapat melawan berbagai tanda penuaan, seperti menyamarkan garis-garis halus.

Rice paper dapat menunda penuaan kulit wajah.

Rice paper merupakan bahan makanan yang berasal dari beras, sehingga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi atau menunda penuaan di wajah. Pasalnya beras dapat merangsang produksi kolagen yang membantu menunda penuaan kulit berkat kandungan antioksidan di dalamnya. Beras juga dapat berperan sebagai eksfoliator alami yang dapat mencerahkan bintik-bintik gelap dan flek hitam pada wajah.