Tanpa suplemen pemutih, begini cara mencerahkan wajah kusam dan penuh flek hitam pakai 1 jenis tepung

14 November 2023 16:12 WIB

Brilio.net - Wajah kusam dan penuh flek hitam umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebih. Kondisi ini juga biasa disebut dengan hiperpigmentasi.

Paparan sinar UV matahari yang berlebihan akan memicu kulit memproduksi melanin lebih banyak. Melanin sendiri merupakan pigmen pemberi warna kulit alami. Hal ini lah yang membuat kulit jadi tampak kusam dan muncul flek hitam.

Selain paparan sinar matahari, ada faktor lain yang menyebabkan wajah kusam dan muncul flek hitam. Seperti tidak rutin membersihkan wajah, efek polusi, menggunakan produk kosmetik atau skincare yang salah, perubahan hormon, dan konsumsi obat-obatan atau memiliki penyakit tertentu.

Wajah yang kusam dan penuh flek akan terlihat tidak sehat dan tampak lebih tua. Itulah kenapa banyak orang yang ingin kulitnya menjadi lebih cerah.

Tak sedikit yang rela melakukan perawatan di klinik kecantikan hingga membeli suplemen pemutih untuk membuat kulitnya lebih cerah. Meski menggunakan produk pemutih lebih instan, nyatanya langkah ini belum tentu aman untuk kulit.

Alih-alih mencerahkan wajah yang kusam dan terdapat flek hitam, kamu mungkin justru mendapatkan masalah kulit baru karena tidak cocok menggunakannya. Sebagai solusi, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitarmu.

Seperti unggahan dari akun TikTok @ilmarohmatun pada 18 Januari 2023, yang justru memakai 1 jenis tepung untuk mencerahkan wajah kusam dan penuh flek hitam. Tepung yang dimaksud adalah tepung beras. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu bubuk kopi.

"Cara cepat memutihkan wajah secara Alami," katanya dalam keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @ilmarohmatun, Selasa (14/11).

foto: freepik.com

Tepung beras adalah bahan makanan yang umum digunakan untuk membuat kue atau cemilan. Namun bahan alami ini juga dipercaya efektif untuk membuat kulit lebih lembap dan cerah.

Tepung beras juga mampu menghilangkan sel kulit mati penyebab kulit kusam. Ini berkat kandungan vitamin dan senyawa antioksidan di dalamnya. Kandungan tirosinase pada tepung beras juga dapat mencegah produksi melanin yang berlebihan di kulit.

Tepung beras juga dapat berperan sebagai eksfoliator alami yang ampuh mencerahkan bintik-bintik gelap dan flek hitam pada wajah. Bahkan, tepung beras mampu mengatasi flek hitam akibat paparan sinar matahari, berkat kandungan asam ferulic dan allantoin yang mengubahnya menjadi tabir surya alami yang baik.

Tak terkecuali dengan bubuk kopi yang juga dikenal manfaatnya untuk mencerahkan wajah kusam dan memudarkan flek hitam. Pasalnya kopi merupakan eksfoliator alami yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan flek hitam di wajah. Hal ini berkat kandungan sulfur di dalamnya. Sehingga, wajah akan tampak lebih cerah dan bebas kusam.

foto: TikTok/@ilmarohmatun

Kedua bahan ini bisa kamu olah menjadi masker wajah yang efektif untuk mencerahkan wajah kusam dan memudarkan flek hitam. Sehingga wajahmu akan putih merata dan lebih mulus. Ini cara membuat dan mengaplikasikannya.

Bahan:

1. 1 sendok makan bubuk kopi
2. 1 sendok makan tepung beras
3. Air secukupnya

foto: TikTok/@ilmarohmatun

Cara membuat dan mengaplikasikan:

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
3. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan benar-benar bersih dari kotoran
4. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
5. Diamkan sampai kering atau sekitar 15-20 menit
6. Bilas menggunakan air sampai bersih
7. Keringkan wajah kemudian lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
8. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang cerah dan mulus.

(brl/lea)